alexametrics
Senin, 26 Oct 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

The Alana Hotel Solo Jadi Proyek Percontohan SMK N 4 Solo

12 Oktober 2020, 20: 57: 49 WIB | editor : Perdana

The Alana Hotel  Solo Jadi Proyek Percontohan SMK N 4 Solo

SOLO - The Alana Hotel & Convention Center Solo kembali boleh menjadi kebanggaan setelah SMK terbaik se-Surakarta, SMK Negeri 4 Surakarta, menjadikan The Alana Hotel & Convention Center Solo sebagai proyek percontohan. Adapun proyek percontohan tersebut tentunya sejalan dengan jurusan pendidikan yang dimiliki oleh SMK Negeri 4 Surakarta yakni Akomodasi Perhotelan. Penandatangan kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan di aula SMK Negeri 4 Surakarta dalam acara Workshop Penyelarasan Kurikulum, Sarpras Berbasis Industri SMK Negeri 4 Surakarta dengan The Alana Hotel pada 6 Oktober lalu.

“Hari ini, menjadi sebuah hari yang sungguh membanggakan bagi kita semua karena SMK Negeri 4 Solo memilih kami, The Alana Hotel & Convention Center Solo, sebagai proyek percontohan. Tapi sebelum kami dipilih, ada baiknya kami menyapaikan mengapa hal tersebut adalah pilihan yang tepat. Kami di dalam management Archipelago International, telah menjadi jaringan hotel terbesar di Indonesia telah memiliki lebih dari 150 hotel. Baru saja kemarin, Food & Beverage produk kami menjadi juara kedua dan Engineering kami juara pertama dalam iAudit se-Indonesia,” terang Sistho A. SRESHTHO, ST, CHA, selaku General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Surakarta, Wening Sukmanawati S.Pd M.Pd, menuturkan bahwa kesepakatan ini menjadi langkah penting bagi SMK Negeri 4 Surakarta guna mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi lebih baik dan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja. Tidak tanggung-tanggung, Wening mencanangkan bahwa SMK Negeri 4 Surakarta ini akan mencontoh hotel dengan predikat Cumlaude CHSE (Clean, Healthy, Safety,Environtment) baik dari sisi kurikulum maupun touch up atau sentuhan ruangannya.

“Kami tentunya ingin, bagaimana The Alana Hotel & Convention Center Solo ini beroperasi juga menjadi acuan pembelajaran kami. Selain itu, kami juga mengundang jajaran Head of Department tersebut untuk dapat mengajar di sekolah demi meningkatkan kualitas tenaga pengajar kami,” jelas Wening.

Dalam Perjanjian Kerjasama tersebut, SMK Negeri 4 Surakarta dan The Alana Hotel & Convention Center Solo sepakat untuk menyusun kurikulum bersama, pembelajaran bersama dengan sistem guru tamu, serta memberikan pengarahan dan bimbingan dalam proses belajar mengajar dan praktek di lapangannya.

“Namun di atas itu semua, kami juga ingin anak-anak benar-benar siap untuk terjun ke dunia kerja terutama dunia perhotelan. Kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas anak-anak yang pastinya dapat menjadi nilai tambah sehingga menambah angka penyerapan tenaga kerja lulusan dari SMK Negeri 4 Surakarta,” pungkas Wening.

(rs/aya/per/JPR)

 TOP