alexametrics
Sabtu, 24 Oct 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Dukung UMKM, GrabExpress Resmi Diluncurkan

15 Oktober 2020, 19: 07: 01 WIB | editor : Perdana

KENANG-KENANGAN: City Lead Grab Solo Raya, Aditya Kundhala Jagad Asmara (kanan) memberikan desain batik kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta, Heri Purwoko.

KENANG-KENANGAN: City Lead Grab Solo Raya, Aditya Kundhala Jagad Asmara (kanan) memberikan desain batik kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta, Heri Purwoko.

Share this      

SOLO – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara mengumumkan peluncuran fitur baru untuk layanan kurir instan GrabExpress. Ini adalah layanan pengiriman antar kota. Melalui kerja sama dengan Ninja Xpress, UMKM dan masyarakat di Kota Bengawan, layanan ini dapat mengirimkan barang ke seluruh kota manapun di Indonesia. Layanan ini diluncurkan untuk mendukung UMKM lokal agar dapat #TerusUsaha dan memperluas pangsa pasar mereka. 

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Grab dan UKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta juga bekerja sama mendesain batik bagi karyawan Grab di Surakarta.

“Melalui misi GrabForGood, Grab terus mencari berbagai solusi inovatif untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital melalui teknologi dan platform-nya. “Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, kami bangga dapat meluncurkan layanan baru yang akan memudahkan ekspansi bisnis UMKM lokal dan berterima kasih atas dukungan Pemerintah Surakarta. Kami berharap layanan ini dapat membuat UMKM Surakarta bergairah dan bisa #TerusUsaha,” Ucap Head of West Indonesia, Grab Indonesia Richard Aditya

Untuk mengikuti langkah mudah pengantaran tanpa ribet, UMKM dan masyarakat dapat mengirimkan tiga langkah untuk mengirimkan barang dari lokasi mana pun di Surakarta. “Barang yang dikirim akan dijemput langsung di lokasi pada hari yang sama, atau bisa dijadwalkan sesuai dengan keinginan kita. Dengan harga yang terjangkau layanan ini bisa dinikmati  mulai dari Rp 3 ribu. Selanjutnya, anda bisa melacak status pengantaran barang,” tuturnya.

Adapun  cara pengoperasiannya, dengan buka aplikasi Grab. Lalu klik “Pengantaran”, kemudian ke bagian “Antar Kota”. Lalu masukkan detail penerima dan pengantaran. Jadwalkan waktu pengambilan barang, pilih waktu pengambilan barang, kemudian cek detail pesanan dan konfirmasi jika sudah sesuai. “Jika ingin melacak pengantaran buka aplikasi Grab, sentuh aktivitas di bagian bawah layar, yang mau kamu lacak statusnya. Kamu bisa melihat status pengantaran tiap-tiap barang,” paparnya.

Melalui program ini, Grab juga telah bekerja sama lebih dari 20 pemerintah daerah untuk memberikan lebih dari 50 solusi transformasi digital di 25 kota di Indonesia untuk para pelaku UMKM.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Surakarta untuk ambil bagian dan memanfaatkan solusi yang kami hadirkan di Surakarta. Mari bersama ubah susah jadi mudah dengan #TerusUsaha,” tutup Richard.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta Bapak Heri Purwoko  menyampaikan apresiasinya untuk Grab. “Dukungan untuk UMKM harus diberikan secara menyeluruh, konsisten dan berkesinambungan. Kami sangat senang Grab menunjukkan komitmennya secara konsisten bagi industri UMKM Surakarta. Saya mengajak UMKM Surakarta untuk memanfaatkan layanan ini agar dapat bertahan, terus maju dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas di Surakarta. Mari dukung terus UMKM lokal agar ketahanan ekonomi dapat terjaga,” ungkap Heri Purwoko. (ryn/nik)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP