alexametrics
Sabtu, 24 Oct 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Sampai Terminal Wonogiri, Penumpang, Sopir & Kru Bus Dites Swab

16 Oktober 2020, 11: 05: 54 WIB | editor : Perdana

Penumpang yang tiba di Terminal Giri Adipura Wonogiri jalani tes swab, Kamis (15/10).

Penumpang yang tiba di Terminal Giri Adipura Wonogiri jalani tes swab, Kamis (15/10). (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Mengantisipasi makin masifnya penyebaran Covid-19, penumpang bus yang datang dari ibu kota langsung menjalani tes swab di Terminal Giri Adipura Wonogiri. Tes swab dilakukan kemarin (15/10). 

Mobil tes swab keliling dari Pemprov Jateng didatangkan guna mendukung kegiatan yang diinisiasi pemkab ini. “Kan banyak kasus terkonfirmasi positif dari klaster pelaku perjalanan. Karena itu, kami lakukan tes swab di terminal. Klaster perjalanan soalnya mendominasi di Wonogiri," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Bupati Wonogiri Edy Santosa di terminal setempat.

Bukan hanya penumpang yang datang, tes swab juga menyasar sopir maupun kru bus. Mereka juga dinilai rentan terpapar karena sering melakukan perjalanan keluar kota dengan tingkat penyebaran Covid-19 tinggi. Sedikitnya disiapkan 200 alat uji usap. 

“Sebenarnya ada kemungkinan juga warga yang pulang kampung naik kendaraan pribadi bisa terpapar. Tapi kan banyak kaum boro pulang dengan bus AKAP, itu yang jadi alasan kami memilih tes swab di terminal,” terang Edy.

Spesimen swab langsung dikirim ke lab di Semarang. Dijadwalkan hari ini hasilnya bisa diketahui. "Kalau tes swab-nya pagi, sebenarnya hasilnya bisa keluar sore atau malam. Tapi kedatangan bus kan sore sampai malam, maka kami tes saat itu, hasilnya Jumat," terang Plt bupati.

Ketika ada penumpang, sopir maupun kru bus yang terkonfirmasi positif Covid-19, pemkab segera melakukan tracing. Alamat mereka yang dites swab telah terdata via KTP.

Pengurus RT juga telah diberi pemahaman. Ketika ada warganya yang pulang kampung, identitasnya harus dicatat dan melakukan karantina mandiri. (al/wa/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP