alexametrics
Sabtu, 24 Oct 2020
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Belum Lama Dioperasikan, Ambulans Puskesmas Ringsek: Tabrak Truk Semen

16 Oktober 2020, 23: 37: 51 WIB | editor : Perdana

Mobil ambulans Puskesmas Gondangrejo ringsek bagian depannya.

Mobil ambulans Puskesmas Gondangrejo ringsek bagian depannya. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Mobil ambulans Puskesmas Gondangrejo mengalami kecelakaan, Jumat (16/10) siang. Kendaraan jenis Toyota Innova ini menabrak truk bermuatan semen di jalan Solo – Purwodadi, tepatnya di Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Tetapi kendaraan bernomor polisi AD 9593 DF yang belum lama digunakan untuk mobil operasional puskesmas ini mengalami kerusakan cukup parah. Terutama pada bagian depan ringsek.

Kendaraan disopiri Sunarto, 55, dengan penumpang Suprapti, kepala TU Puskesmas Gondangrejo. Kendaraan menabrak truk pengangkut semen bernomor polisi AB 8323 WB. Truk dikemudikan oleh Subowo, 25, warga Pracimantoro, Wonogiri.

Beruntung kedua penumpang selamat. Sunarto mengalami luka serius pada kaki sebelah kanan. Dia dilarikan ke salah satu rumah sakit di Solo. Sementara Suprapti menjalani perawatan di UGD Puskesmas Gondangrejo. Sedangkan pengemudi truk Subowo dan keneknya Sarman tidak mengalami luka apapun.

Kecelakaan ini berawal ketika mobil ambulans berjalan dari arah selatan (Solo) menuju ke Gondangrejo. Sopir berniat untuk mendahului truk kontainer di depannya. Naas, dari arah berlawanan muncul truk pengangkut semen yang dikemudikan Subowo. Karena jarak terlalu dekat, tabrakan dua kendaraan ini tidak bisa dihindari. Mobil ambulans terpental 180 derajat menghadap ke selatan. Dan truk pengangkut semen terguling ke kiri. 

“Tabrakannya keras sekali. Karena di belakang kontainer itu sepi, ambulans langsung ambil jalan ke kanan berniat mendahului. Saya sudah berusaha minggir ke kiri, tapi tetap kena dan malah truk saya sampai terguling. Padahal isinya berat,” terang Subowo ditemui di Mapolsek Gondangrejo.

Tidak hanya dua kendaraan, kecelakaan ini juga mengakibatkan sepeda motor Honda Beat putih AD 5472 IP yang dikemudikan Rafli, 19, warga Selokaton, Gondangrejo, ikut mengalami rusak pada bagian depan. 

 “Posisi jalan saat itu memang sepi, karena bersamaan ibadah salat Jumat. Ada satu sepeda motor di belakang ambulans. Karena menghindari kecelakaan itu, sepeda motor banting stir ke kiri dan terjatuh,” terang Ngatmi, 27, warga sekitar.

Kapolsek Gondangrejo AKP Riyanto mengatakan, saat ini sejumlah barang bukti, baik sepeda motor, mobil ambulans puskesmas dan truk sudah diamankan di Mapolsek Gondangrejo. Selanjutnya proses penyelidikan akan dilakukan Satlantas Polres Karanganyar. “Olah TKP (tempat kejadian perkara) diambil alih satlantas. Sementara korban sudah dibawa ke rumah sakit,” terang Riyanto.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gondangrejo Akhirudin Syam saat dihubungi membenarkan ambulans sekaligus mobil operasional puskesmas terlibat kecelakaan di Desa Tuban.

Syam mengungkapkan, pengemudi dan penumpang saat itu berniat untuk kembali ke puskesmas setelah rapat di Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar. “Semua Alhamdulillah selamat,” terang Syam. (rud/bun/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP