alexametrics
Sabtu, 24 Oct 2020
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

19 Desa di Boyolali Krisis Air Bersih

17 Oktober 2020, 15: 16: 52 WIB | editor : Perdana

Penyerahan bantuan tandon dan air bersih untuk desa kekeringan di Kabupaten Boyolali, kemarin (16/10).

Penyerahan bantuan tandon dan air bersih untuk desa kekeringan di Kabupaten Boyolali, kemarin (16/10). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Belasan desa di Boyolali masih krisis air bersih. Mengatasi masalah tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali terus berupaya dropping air bersih. 

“Rata-rata, per hari kami menyalurkan delapan tangki air bersih. Rinciannya dari kami (BPBD) empat tangki, dari PDAM dua tangki. Dari DPUPR (dinas pekerjaan umum dan penataan ruang) dan PMI (Palang Merah Indonesia) Cabang Boyolali masing-masing satu tangki,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Boyolali Bambang Sinungharjo.

Bantuan juga mengalir dari pengelola dana sosial (Dansos) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Boyolali. Yakni berupa 35 tangki air bersih dan lima buah tandon air. Total 19 desa di Kota Susu masih krisis air bersih. Tersebar di Kecamatan Wonosegoro, Wonosamodro, Kemusu, dan Juwangi.

Ketua Dansos DAPM Boyolali Murjiyanto mengatakan, tandon yang diserahkan berkpasitas 5.000 liter. Seluruh bantuan tersebut diperuntukkan bagi desa-desa di wilayah Boyolali sisi utara.

“Bantuan yang disalurkan senilai Rp 59 juta, dari total dana yang dihimpun Rp 180 juta. Kami juga berikan bantuan APD (alat pelindung diri) bagi tenaga kesehatan untuk penanggulangan pandemi Covid-19,” bebernya. (wid/fer/ria) 

(rs/wid/per/JPR)

 TOP