alexametrics
Kamis, 26 Nov 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Jitsi Meet Gairahkan Pembelajaran Jarak Jauh

23 Oktober 2020, 12: 43: 28 WIB | editor : Perdana

Jitsi Meet Gairahkan Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh: Dra. Kismiyatun, SMA Negeri 2 Cepu Blora

Pemberlakuan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi menuntut guru dan siswa harus siap beradaptasi. Guru berpikir keras bagaimana agar materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa bisa diterima dan dipahami dengan baik sehingga hasil pembelajaran bisa optimal.

Karena itu butuh metode yang tepat. Termasuk dalam pembelajaran ekonomi pada  kelas XI. Pada  materi petumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, guru memanfaatkan aplikasi jitsi meet.  Tanoto Foundation mengartikan ini sebagai wadah untuk belajar dan berdiskusi.

Pembelajaran  dirancang semenarik mungkin dengan tujuan  mengajak siswa mampu berpikir tingkat tinggi. Di mana siswa mampu menghitung pertumbuhan ekonomi yang sederhana dengan membandingkan periode yang satu (periode dasar) dengan periode yang dihitung.

Menurut Rostow, pertumbuhan ekonomi terdiri atas beberapa tahapan, pertama perekonomian tradisional, perekonomian transisi, perekonomian lepas landas, perekonomian menuju kedewasaan, dan perekonomian dengan tingkat konsumsi yang tinggi

Tugas akhir pembelajaran adalah siswa diminta untuk membuat video laju pertumbuhan ekonomi di era pandemi Covid-19 yang telah disampaikan guru. Selain itu, dengan PJJ yang dilaksanakan secara daring, guru juga dengan sangat mudah mengukur sejauh mana pemahaman konsep yang didapat siswa serta bisa memberikan umpan balik diakhir pembelajaran.

Selain siswa mampu menyajikan data ke dalam bentuk diagram batang dan garis, siswa juga berani untuk mencoba menyalurkan bakat yang dimilikinya misal selayaknya seorang pembawa berita. Dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan secara kombinasi (daring dan luring) siswa merespons dengan baik dan lebih semangat.

Siswa dapat bertanya secara langsung terhadap materi  yang kurang dipahami. Siswa juga merasa asyik terkait tugas yang diberikan untuk menyampaikan hasil belajar seperti seorang pembawa berita. Mereka mampu melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengam baik.

Setelah proses pembelajaran secara kombinasi ini diterapkan, sangat jauh berbeda dengan penugasan sebelum-sebelumnya yang diberikan kepada siswa. Dengan metode kombinasi ini, diskusi dan interaksi dapat berjalan dengan lebih baik dan dapat memantau langsung pemahaman konsep siswa. (*)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP