alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Libur Panjang Akhir Bulan, KAI Tambah Jumlah Perjalanan & Kursi Kereta

24 Oktober 2020, 06: 30: 59 WIB | editor : Perdana

PT KAI menambah jumlah perjalanan kereta api selama libur panjang akhir bulan ini.

PT KAI menambah jumlah perjalanan kereta api selama libur panjang akhir bulan ini. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta api (KA) sebanyak 13 persen pada long weekend dan cuti bersama akhir Oktober ini. Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur panjang tersebut.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menyebut, jumlah perjalanan jarak jauh yang melayani pelanggan pada periode 27 Oktober sampai 1 November sebanyak 505 KA. Jumlah ini meningkat 13 persen dibandingkan pada 20-25 Oktober, sebanyak 448 KA.

“KA favorit masyarakat yang dapat dipesan di masa long weekend di antaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir (PP), KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir (PP), KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota (PP), KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen (PP), dan berbagai KA lainnya," bebernya.

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini otomatis menambah jumlah tempat duduk yang KAI sediakan. Jumlah tempat duduk KA jarak jauh pada 27 Oktober sampai 1 November 2020 sebanyak 221.193 tempat duduk. Jumlah ini naik 13 persen dibandingkan pada 20-25 Oktober, sebanyak 195.211 tempat duduk.

“KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur long weekend. Protokol tersebut mengharuskan penumpang dalam kondisi sehat dan menunjukkan surat bebas Covid-19 (tes PCR/rapid test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Untuk menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” jelasnya.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun. Yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Jogjakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

“Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. Sejak dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai 190 ribu pelanggan,” tandasnya. (aya/bun/ria) 

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya