alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan
HARI SANTRI NASIONAL 2020

MTsN 4 Boyolali Tingkatkan Iman, Ketaqwaan, dan Belajar Siswa

24 Oktober 2020, 18: 13: 10 WIB | editor : Perdana

VIRTUAL: Keluarga besar MTsN 4 Surakarta mengikuti upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional 2020 yang digelar Kemenang dari ruang kelas sekolah setempat, Kamis (22/10).

VIRTUAL: Keluarga besar MTsN 4 Surakarta mengikuti upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional 2020 yang digelar Kemenang dari ruang kelas sekolah setempat, Kamis (22/10). (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

Peringati Hari Santri Nasional 2020 yang jatuh pada 22 Oktober, digelar upacara bendera serentak di halaman kantor Kementerian Agama (Kemenang) di Jakarta. Seluruh pondok pesantren (ponpes) dan madrasah mengikuti secara virtual. Tak terkecuali Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Boyolali.

HARI Santri Nasional 2020 diperingati secara sederhana oleh MTsN 4 Boyolali di lingkungan sekolah setempat, kemarin (22/10). Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19. Hanya sejumlah perwakilan siswa, guru, karyawan, dan komite madrasah yang hadir langsung. Sedangkan siswa lainnya mengikuti secara virtual dari rumah masing-masing.

Rangkaian kegiatan diawali salat Dhuha berjamaah. Dilanjutkan dzikir untuk menenangkan hati dan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Kemudian tausiah yang diisi Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Dawar, Mojosongo K.H. Hamid. Serta doa bersama yang dipimpin Pimpinan Ponpes An-Najjah, Mojosongo K.H. Ahmad Kharir. 

“Kebetulan beliau merupakan ketua dan sekretaris komite MTsN 4 Boyolali,” terang Kepala MTsN 4 Boyolali Dahlan Mutaqin usai peringatan Hari Santri Nasional kemarin.

Selanjutnya, peserta yang hadir di MTsN 4 Boyolali mengikuti upacara bendera, peringatan Hari Santri Nasional secara virtual. Kegiatan kian semarak dengan hadirnya berbagai lomba keagamaan. Diikuti seluruh siswa melalui virtual.

Meski sederhana, namun tak mengurangi kekhidmatan dalam memperingati Hari Santri Nasional. Dahlan juga berharap pandemi Covid-19 segera sirna dari muka bumi. “Hari santri tahun ini lebih khidmat. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” imbuh Dahlan.  

Dahlan menambahkan, selama ini MTsN 4 Boyolali selalu berkolaborasi dengan kyai ponpes di Boyolali. “Alhamdulillah berkat barokah para kyai, jumlah siswa MTsN 4 Boyolali dari tahun ke tahun selalu meningkat. Pada 2014 lalu sekitar 400-an siswa baru. Sekarang (2020) sudah lebih dari 700 siswa baru. Tahun ini kami sempat menolak beberapa calon siswa yang mendaftar karena kuota terpenuhi,” ujarnya.

Di masa kepemimpinannya, Dahlan, seluruh guru, dan karyawan MTsN 4 Boyolali berkomitmen memajukan prestasi akademik maupun nonakademik. “Fokus kami meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan hasil belajar siswa,” urainya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya