alexametrics
Jumat, 27 Nov 2020
radarsolo
Home > Sepak Bola
icon featured
Sepak Bola

Manajemen Persis: Jangan Hanya Bikin Wacana Terus, Klub Banyak Merugi

28 Oktober 2020, 11: 55: 15 WIB | editor : Perdana

Manajer Persis Solo Hari Purnomo.

Manajer Persis Solo Hari Purnomo. (NIKKO AUGLANDY/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Per Selasa (27/10), manajemen Persis Solo ambil keputusan untuk meliburkan sekaligus memulangkan para pemain. Hal ini sebagai imbas dari ketidakjelasan pelaksanaan Liga 2 2020. Pemulangan ini tentu bukan kali pertama dirasakan skuad racikan Salahudin. Sebelumnya pertengahan Maret lalu, skuad Laskar Sambernyawa juga dipulangkan dan harus segera meninggalkan mes secepatnya. 

Kala itu, Pemkot Surakarta menetapkan Kota Solo status kejadian luar biasa (KLB) karena pandemi Covid-19. Saat itu, kompetisi Liga 2 yang telah dimulai pertengahan Maret, hanya bisa berjalan pada pekan pertama. Hingga akhirnya semua kompetisi ditunda karena pandemi.

Tujuh bulan libur, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sempat memutuskan untuk memulai kembali kickoff kompetisi liga, dengan jadwal Liga 2 mulai 17 Oktober. Para pemain pun kembali dikumpulkan untuk berlatih.

Namun sayang, lagi-lagi liga ditunda lantaran tak mendapat izin dari kepolisian. Tak ada kejelasan kompetisi, bahkan hingga November sekali pun. Satu per satu klub pun memutuskan untuk memulangkan kembali para pemain. Termasuk belakangan adalah Persis Solo.

“Ini yang bikin bingung. Wacana PSSI dan PT LIB yang katanya kompetisi digelar awal November tak bisa jadi pegangan. Kalau tak jadi November akan mundur, jadi Desember. Terus kalau tak jadi juga, akan diundur jadi Januari. Kalau hanya buat wacana dan revisi untuk memundurkan jadwal, tentu itu jadi sebuah kerugian besar buat klub yang sudah menanti lama kepastian kompetisi,” terang Manajer Persis Solo Hari Purnomo.

Hingga hari ini, dari 24 klub calon peserta Liga 2 2020, hanya tinggal beberapa saja yang masih bertahan berlatih bersama. Yakni Babel United, Persewar Waropen, Persiba Balikpapan, PSKC Cimahi, Kalteng Putra, PSPS Riau, Martapura FC, AS Abadi Tiga Naga, Sulut United, dan Semen Padang

Sementara klub-klub lainnya sudah mengumumkan untuk memulangkan pemain. Selain Persis Solo, ada Mitra Kukar yang memulangkan pemain per 30/9, Persijap Jepara per 3/10, PSCS Cilacap per 21/10, Putra Sinar Giri per 24/10, PSIM Jogja per 24/10, PS Hizbul Wathan per 26/10, dan Sriwijaya FC per 27/10.

“Harapan saya tentu semoga ada kejelasan soal kompetisi. Ini penting demi masa depan kami semua. Termasuk kejalasan hak-hak kami,” terang Head Coach Persis Solo Salahudin. (nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP