alexametrics
Selasa, 01 Dec 2020
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Libur Long Weekend, Jalur Wisata Tawangmangu Jadi Fokus Pemantauan

29 Oktober 2020, 06: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Jalur kawasan wisata lereng Lawu jadi fokus pemantauan petugas saat libur long weekend ini.

Jalur kawasan wisata lereng Lawu jadi fokus pemantauan petugas saat libur long weekend ini. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR - Tiga ruas menuju jalur wisata lereng Lawu akan menjadi fokus pemantauan jajaran Satlantas Polres Karanganyar selama libur panjang ini. Selain itu, polres juga mendirikan tiga pos pengamanan di pintu masuk jalur wisata.

Tiga ruas tersebut yakni simpang tiga Keprabon, Karangpandan; Terminal Tawangmangu; serta Simpang Tiga Cisoa, Kalisoro, Tawangmangu. Tiga titik ini termasuk rawan macet. Satlantas juga melakukan pemantaun terhadap empat ruas jalan exit tol, di antaranya dua pintu tol Colomadu, Kebakkramat, dan Gondangrejo.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengungkapkan, Operasi Zebra 2020 juga fokus terhadap pengamanan lalu lintas selama libur panjang akhir Oktober. Serta pencegahan penyebaran Covid-19.

”Kalau pemerintah berharap untuk libur panjang ini di rumah saja. Namun, kami tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan arus lalu lintas saat masyarakat berwisata ke Karanganyar. Maka dari itu, tiga pos pengamanan dan pemantauan kami bangun untuk memantau situasi. Baik arus lalu lintas maupun perkembangan corona di masing-masing wilayah,” terang kapolres.

Ya, selain pos pengamanan juga ada pos pantauan. Yakni berada di Terminal Palur, Jaten; Terminal Karangpandan; dan Terminal Tawangmangu. ”Setiap hari ada anggota yang akan melakukan pengawasan, serta melakukan patroli. Dibantu teman-teman dari relawan mereka akan melakukan pengecekan pendatang dari luar kota. Untuk yang wisata, kami juga minta untuk melakukan pengawasan dan mengedukasi wisatawan agar tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegas kapolres.

Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Maulana Ozar menambahkan, personel satlantas juga akan di-backup dinas perhubungan, dinas kesehatan hingga relawan. Selain mendata pengunjung, sembari menyosialisasikan perilaku hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan.

”Di pos pengamanan dan pemantauan tersebut, nanti akan dibagi untuk pengaturannya. Jika kondisi lalu lintas padat, anggota satlantas juga harus bisa mengurai kemacetan tersebut,” terang kasatlantas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar Sri Suboko mengaku, dinas tidak hanya menyiapkan personel untuk membantu satlantas. Dishub juga menyiapkan rambu-rambu pengalihan jalan ketika lalu lintas jalur utama mengalami kemacetan.

”Dari titik – titik yang tadinya sudah diprediksi oleh jajaran dari satlantas, kami sudah siapkan untuk rambu penunjuk arah, sebagai pengalihan arus. Terutama di wilayah Tawangmangu. Jika di dua jalur tersebut terjadi kemacetan, maka arus lalu lintas akan dialihkan untuk bisa melintas di jalur alternatif yang ada di kampung-kampung,” terang Suboko. (rud/adi/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP