alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Gunung Gamping Tawangmangu yang Semakin Bersolek

Dilengkapi Kincir Angin dan Rumah Hobbit

07 November 2020, 18: 21: 59 WIB | editor : Perdana

Gunung Gamping Tawangmangu yang Semakin Bersolek

Gunung Gamping sudah lama dikenal memiliki pesona alam yang menawan. Kini, semakin cantik dengan adanya gazebo, kincir angin dan rumah hobit. Akses untuk mendaki juga semakin mudah.

GUNUNG Gamping sejatinya adalah sebuah bukit kapur yang sudah lama ditambang oleh penduduk setempat. Namun, sejak satu dekade terakhir, bukit di Desa Bandar Dawung, Tawangmangu, Karanganyar ini juga dikembangkan untuk wisata. Dimulai dengan dibukanya tempat latihan vertical rescue oleh sejumlah relawan maupun tim SAR. Lalu dikembangkan lagi menjadi objek wisata untuk masyarakat umum yang ingin berfoto di atas ketinggian.

Gunung Gamping tak pernah sepi setiap pekannya. Untuk sampai ke puncak memang butuh perjuangan ekstra. Karena harus mendaki ratusan anak tangga. Tapi jangan khawatir, akses menuju puncak kini jauh lebih mudah. Di atas puncak, pemandangan yang dapat dilihat dijamin gak bikin kecewa. Kita bisa melihat Gunung Lawu di sisi timur, serta menikmati hijaunya lawan persawahan di bawahnya.

Sementara untuk spot foto cukup banyak pilihan. Ada replika rumah hobit, kincir angin ala Belanda, gazebo di atas tebing, serta gua Wisnu yang biasa dipakai untuk tempat religi. Jika beruntung, Kita juga bisa melihat latihan vertical rescue para relawan. Jika ingin melihat proses penambahan batu kapur tradisional, cukup mendaki lebih ke atas lagi mendekati puncaknya.

Untuk menikmati pesona alam dari puncak Gunung Gamping, pengunjung cukup membayar tiket Rp 2.000 per orang, parkir sepeda motor Rp 2.000. Berada di dalam area kawasan wisata Gunung Lawu, udara di Gunung Gamping sangatlah terasa sejuk kaena dikelilingi banyak pohon rindang. Salah satunya adalah pohon Preh atau memiliki nama latin ficus retusa.

Akses menuju lokasi cukup dekat dengan jalan Tawangmangu-Matesih. Di pinggi jalan ini sudah ada papan penunjuk arah ke Gunung Gamping. Tulisannya “Welcome to Wana Wisata Gunung Gamping”. Tak harus sampai puncak pun panorama alamnya yang memanjakan mata. Namun akan lebih sempurna jika menaiki puncak Gunung Gamping, karena di situlah Kita bisa benar-benar menikmati alam yang begitu mengesankan. (mg5/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya