alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Klaster Pasar Sidoharjo Meluas, Muncul 5 Klaster Keluarga Pedagang

13 November 2020, 07: 22: 52 WIB | editor : Perdana

Pasar Sidoharjo disterilkan pada Selasa (10/11) lalu.

Pasar Sidoharjo disterilkan pada Selasa (10/11) lalu. (ISTIMEWA)

Share this      

WONOGIRI - Klaster Pasar Sidoharjo semakin meluas. Saat ini setidaknya ada sembilan pedagang pasar yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, juga ditemukan lima klaster keluarga perluasan dari klaster Pasar Sidoharjo.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa mengatakan, setelah ditemukannya klaster pedagang Pasar Sidoharjo beberapa waktu, kini jumlah pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah dua orang. Dari rangkaian satu klaster yakni klaster Pasar Sidoharjo total ada 16 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dengan begitu, dari kelompok pedagang ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka kan melakukan kontak dengan keluarga, kemudian turut ditemukan klaster keluarga," ungkap Edy.

Sebagai informasi, sebelumnya ada tujuh pedagang Pasar Sidoharjo yang terpapar Covid-19. Selain itu, ada tiga orang anggota keluarga pedagang juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Dan saat ini, dikatakan Edy, muncul lima klaster keluarga yang merupakan pengembangan klaster Pasar Sidoharjo, berdasarkan tracking dan tracing Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri. Seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini pun sudah ditangani.

"Kalau untuk anggota keluarga yang juga terkonfirmasi positif Covid-19, saat ini totalnya ada tujuh orang. Mereka itu terdiri dari lima klaster keluarga," kata dia.

Di dalam klaster keluarga itu, imbuh Edy, tercatat melakukan kontak dengan pedagang yang terkonfirmasi positif. Anggota keluarga yang diketahui ikut terpapar di antaranya adalah cucu, suami, istri atau anak dari pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Edy pun mewanti-wanti agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu guna memutus rantai penyebaran Covid-19. "Saat ini kita perlu waspada. Protokol kesehatan harus diterapkan, jangan abaikan itu. Ini demi kepentingan bersama," tegas dia.

Sementara itu, berdasarkan website resmi Pemkab Wonogiri hingga Kamis (12/11) pukul 21.00, secara kumulatif ada 420 kasus positif Covid-19. Di antaranya 361 orang sudah sembuh dan 28 orang meninggal dunia.

Tercatat juga ada 31 kasus positif yang masih aktif. Rinciannya 21 orang dirawat di rumah sakit dan 10 orang menjalani isolasi mandiri. (al/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP