alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Features
icon featured
Features

Modifikasi Honda Odyssey 2000, Sound Quality is Priority

15 November 2020, 10: 40: 59 WIB | editor : Perdana

Modifikasi Honda Odyssey 2000, Sound Quality is Priority

Terlinga orang beda-beda dalam mendengar musik. Ada yang puas cukup dengan head unit dan speaker bawaan mobil. Tapi, yang gemar mendengar musik, pasti “haus” detail vokal dan musik yang powerful.

ITULAH alasan Andi Kuswanto menghadirkan seperangkat audio yang high-end di mobil kesayangannya Honda Odyssey 2000. Meski tampilan luar minimalis, namun kualitas audio meningkat drastis. Berkiblat genre SQ (sound qulity), dia mendandani kualitas audio di Loudness Sound, Mojosongo, Jebres, Solo pada November 2019.

“Dulu pernah punya Toyota Land Cruiser. Pernah menang kontes di Semarang pada 1998. Baru-baru ini pengin coba modifikasi Honda Odyssey,” ujarnya.

Tak lengkap rasanya jika sistem audio tidak dilengkapi subwoofer mumpuni. 

“Dia sempat keliling mencari referensi. Teman dia ngasih referensi ke bengkel saya. Awalnya dia tidak percaya kalau bengkel saya modifikasi audio, akhirnya dia percaya dan ketagihan pengen upgrade modifikasi,” tutur Eri Syam Wijaya pemilik bengkel Loudness Sound.

Beberapa brand audio yang terpasang di mobil Andi adalah Venom, Volk, Pioneer. Mobil ini menggunakan satu subwoofer dan berencana ditambah satu menjadi dua subwoofer. Sedangkan aki yang di pakai depan 80 A dan belakang 100 A dengan merk amaron.

Andi memasang audio di bagian depan  tepatnya di bagian dekat setir dan belakang tepatnya di bagasi mobil Honda Odissey. Modifikasi ini dilakukan secara bertahap dengan mengkucurkan dana kurang lebih sebesar Rp. 70 juta.

Selain terkonsep audio, mobil ini juga menggunakan konsep semacam bar malam dengan Chivas Regal. Baru dimodif setahun, mobil ini sudah mendapat dua penghargaa, diantaranya juara III Emma Indonesia Round Yogyakarta 2016 dan juara II Sound Quality Loud (SQL) unlimited Usaci Indonesia di Lippo Plaza Jogja 2019.

“Keduanya merupakan ajang pertama kami tapi langsung dapat juara. Awalnya saya ikut SQ tapi bosan kan jadi ingin berkembang ke SQL. Sistem ini di kontes kita mendengarkan di luar mobil dengan jarak bervariasi ada yang 5-10 meter. kebetulan audio mobil saya coba maksimalkan agar di jarak 20 meter bisa berasa baik segi nilai suara vocal, music, dan bass,” ucap Pemilik mobil, Andi Kuswanto.

Mobil ini kedepannya akan ditambah satu subwoofer san lampu akrilic untuk meramaikan suasana mobil miliknya. (ryn)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP