alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Dung Grujug, Keindahan Tersembunyi di Sragen Utara

15 November 2020, 11: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Dung Grujug, Keindahan Tersembunyi di Sragen Utara

Air terjun Dung Grujug, Miri, Sragen punya keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Dilengkapi sedimentasi batuan kapur yang berlapis-lapis membentuk tebing sungai yang indah.

AIR terjun mini di wilayah Sragen utara ini menjadi wisata baru yang hit. Dikembangkan pada Januari silam, namun semakin ramai wisatawan. Ketinggian air terjun Dung Grujug sekitar 3 meter.

Keunikannya ada pada tebing samping kanan kirinya. Yakni batu kapur yang berlapis, bukti sedimentasi sungai yang terbentuk puluhan tahun silam. Air terjun ini merupakan aliran Sungai Kedung Kancil yang bermuara di Waduk Kedung Ombo. Tepatnya di Dusun Pungkruk, Doyong, Miri, Sragen.

Dari arah Sragen Kota berjarak 30 kilometer. Sementara dari arah Solo sekitar 25 kilometer. Lokasi Dung Grujug juga sudah tersedia di aplikasi Google Maps. Sampai di lokasi, ada dua jalur sisi timur dan barat.

Dari jalur timur, pengunjung harus berjalan kaki yang berjarak sekitar 100 meter untuk sampai ke air terjunnya. Medannya sedikit terjal, cocok untuk traveler yang hobi hiking. Sedangkan dari arah barat bisa membawa motor dan mobil.

Air di sungai ini tak pernah habis, walapun musim kemarau sekalipun. Jika musim hujan, air terjunnya sangat deras. Selain keindahan air terjunnya, juga menyuguhkan tanaman bunga yang bermacam-macam. Hal ini menambah keindahan Dung Grujug, serta menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke sini.

Tempat ini dulu juga pernah dikunjungi Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Oleh warga setempat dimanfaatkan menjadi tempat wisata. Warga setempat juga menambah taman bunga cantik, gazebo, warung, tempat pemancing, kamar mandi dan tempat parkir yang nyaman.

Soal tiket masuk, relatif murah. Hanya Rp 3.000 per orang. Sedangkan biaya parkir motor Rp 2.000, sementara parkir mobil Rp 5.000. Di sini juga menyediakan tempat pemancing dengan tarif Rp 25.000, tetapi jika memancing di kendungnya gratis. Dung Grujug dibuka 24 jam. (mg2/mg7/adi) 

(rs/adi/per/JPR)

 TOP