alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Pelayanan KB RSD Bagas Waras Terbaik di Jawa Tengah

16 November 2020, 16: 18: 16 WIB | editor : Perdana

Penyerahan penghargaan oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah Martin Suanta kepada RSD Bagas Waras dan Jajaran Pemkab Klaten lainnya (Dokumentasi Diskominfo Klaten)

Penyerahan penghargaan oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah Martin Suanta kepada RSD Bagas Waras dan Jajaran Pemkab Klaten lainnya (Dokumentasi Diskominfo Klaten)

Share this      

KLATEN - Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten meraih terbaik I se-Jawa Tengah. Penghargaan untuk pelayanan KB terbaik di rumah sakit tipe C diserahkan langsung Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah Martin Suanta pada momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Tahun 2020 di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten pada 12 November lalu.

Capaian prestasi yang membanggakan didapat setelah melalui penilaian self assessment kesiapan rumah sakit milik Pemkab Klaten itu terkait pelayanan KB. Tim penilai terdiri dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), BKKBN dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jawa Tengah.

Prestasi yang diraih itu membuat RSD Bagas Waras Klaten mewakili Provinsi Jawa Tengah maju ke tingkat nasional. Hal ini semakin memantapkan RSD Bagas Waras yang baru saja merayakan hari jadina yang ke-5. Atas penghargaan itu Direktur RSD Bagas Waras Limawan Budiwibowo mengaku bersyukur dan bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan KB di rumah sakit yang dipimpinnya.

“Saya mengajak seluruh pihak dan seluruh civitas RSD Bagas Waras untuk selalu semangat dan memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Klaten,” ucap singkat Limawan, Senin (16/11).

Sementara itu, Kepala BKKBN Jawa Tengah Martin Suanta melalui penilaian yang sangat ketat hingga akhirnya menempatkan pelayanan KB di RSD Bagas Waras Klaten terbaik di Jawa Tengah.

“Saya ucapkan selamat kepada RSD Bagas Waras dan dinas yang terkait terhadap pelayanan KB yang luar biasa. Bahkan dalam pelayanan KB sejuta akseptor yang lalu juga bisa meraih 100 persen. Begitu juga untuk metode konstrasepsi jangka panjang (MKJP) juga telah mencapai 100 persen,”  jelas Martin Suanta.

Lebih lanjut, Martin Suanta menjelaskan, jika penghargaan itu sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB di rumah sakit. Memang pada era 1980an-1990an pelayanan KB di rumah sakit pemerintah maupun swasta cukup sukses baik. Namun beberapa tahun ini pelayanan KB cendurung menurun semenjak adanya program jaminan kesehatan nasional (JKN) dengan adanya layanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Berdasarkan kondisi tersebut maka tahun ini BKKBN Jateng, Dinkes dan Persi Jateng mencoba kembali melakukan revitalisasi Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) melalui perlombaan. Hingga akhirnya pelayanan KB di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten meraih terbaik I se-Jawa Tengah.

“Semoga terus memotivasi jajaran rumah sakit agar tetap aktif alam memberikan pelayanan KB baik paska persalinan, paska keguguran maupun KB interval seperti IUD, implan dan Metode Operasi Wanita (MOW). Inovasi yang dilakukan luar biasa tidak hanya di pelayanan tetapi juga di komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat terkait kesehatan reproduksi juga,” ucapnya.

Ia berharap kedepannya pelayanan KB di RSD Bagas Waras Klaten terus ditingkatkan secara maksimal. Terutama dalam pelayanan MOW dan Metode Operasi Pria (MOP) sehingga bisa menjadi rujukan di Kabupaten Klaten serta dari kabupaten maupun kota di sekitarnya. Apalagi peran aktif rumah sakit dalam pelayanan KB bisa ikut serta dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi dan mencegah terjadi stunting.(ren)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP