alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

65 Nakes Positif Covid, di Puskesmas Andong & Puskesmas Ampel

Layanan Kesehatan Dibuka Lagi Hari Ini

17 November 2020, 04: 33: 24 WIB | editor : Perdana

Kepala Dinkes Boyolali Ratri S. Survivalina.

Kepala Dinkes Boyolali Ratri S. Survivalina. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Penyebaran Covid-19 di kalangan tenaga kesehatan (nakes) masih terus terjadi di Boyolali. Sebanyak 30 nakes di Puskesmas Andong terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian, 35 nakes di Puskesmas Ampel juga positif Covid-19.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan kesehatan di dua puskesmas tersebut telah ditutup sementara. Puskesmas Andong ditutup sejak Sabtu (14/11), sedangkan Puskesmas Ampel ditutup sehari. Rencananya puskesmas mulai dibuka kembali hari ini (17/11). Namun, pelayanan masih terbatas pada rawat jalan. Karena dari 58 nakes di Puskesmas Andong, 30 orang di antaranya terkonfirmasi positif dan tak bisa memberikan pelayanan.

 “Memang berdampak pada pelayanan kami di puskesmas karena banyak karyawan terkena Covid-19. Sehingga selama tiga hari sejak Sabtu (14/11) Puskesmas Andong ditutup,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali Ratri S. Survivalina, kemarin (16/11).

Kepala dinkes menyebut, awal mula kasus Covid-19 di Puskesmas Andong ini adalah dari salah satu nakes yang menderita sakit. Saat dirawat di rumah sakit di Solo, nakes tersebut diperiksa swab dengan hasil positif Covid-19.

Dari kasus tersebut, kemudian dilakukan penelusuran kontak erat. “Kemudian seluruh nakes dan pegawai puskesmas dites swab, dan ternyata sudah banyak yang tertular (Covid-19),” ujar kepala dinkes yang akrab disapa Lina itu.

Saat ini, para nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Begitu juga dengan nakes yang masih menunggu hasil uji swab, juga melakukan isolasi mandiri.

Selain di Puskesmas Andong, puluhan nakes di Puskesmas Ampel juga terkonfirmasi positif. Yakni mencapai 35 nakes. (wid/ria)

“Sesuai hasil tracing, dilakukan swab terhadap 52 nakes di Puskesmas Ampel. Hasilnya, hanya 17 yang negatif. Sehingga kami menutup Puskesmas Ampel selama sehari saja kemarin,” pungkas Lina. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP