alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Berkaca Ledakan Kasus Covid di Solo, Dinkes: Waspadai Klaster Keluarga

17 November 2020, 07: 20: 48 WIB | editor : Perdana

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih (RADAR SOLO PHOTO)

Share this      

SOLO - Penularan Covid-19 di Kota Solo rawan terjadi dari klaster keluarga. Hal ini membuat potensi penularan antarkomunitas kian signifikan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan, penambahan 106 kasus Covid-19 pada Minggu (16/110 malam lalu itu mayoritas dari hasil tracing. Ada 81 orang yang dikembangkan lewat tracing dari 34 indeks kasus. 

“Ada yang berawal dari pasien suspect, ada yang berasal dari mereka yang memeriksakan diri karena gejala ringan, dan dari kelompok berisiko,” terang perempuan yang akrab disapa Ning itu.

Untuk klaster keluarga, fenomena yang muncul adalah perkembangan dari satu kasus ke kasus lainnya. Misalnya saat satu anggota keluarga ada yang positif, setelah dikembangkan menulari anggota keluarga lainnya atau lingkungan kerja atau komunitas.  

“Rata-rata kasusnya berbuntut. Dari satu kasus ditemukan kasus lain, bahkan berbuntut sampai 10 kasus baru,” ujarnya.

Menanggapi lonjakan kasus itu, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta warga mematuhi protokol kesehatan. Sebab, tak akan cukup bila hanya mengandalkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus. 

“Kami itu juga serba salah. Bila tracing banyak, maka kasusnya akan besar. Namun, yang perlu dilihat adalah tingkat kesembuhan dan kematian pasien-pasien ini,” ujarnya. (ves/bun/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP