alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Jateng
icon featured
Jateng

Antisipasi Kerumunan di Tahun Baru, Ganjar: Setuju Tunda Libur Panjang

17 November 2020, 16: 20: 55 WIB | editor : Perdana

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Share this      

SEMARANG - Penambahan kasus Covid-19 di sejumlah daerah jelang akhir tahun ini, menjadi perhatian serius. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun setuju dengan usulan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar libur panjang akhir tahun ditunda dulu. Selain itu, Ganjar juga tak akan memberi izin kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan tanpa pembatasan.

Ganjar menjelaskan, pihaknya telah memetakan sejumlah momen acara yang berpotensi kerumunan. "Kami sudah siapkan (antisipasinya). Kan masih ada (acara potensi kerumunan) yang misalnya Maulid Nabi, akan ada Natal, mungkin perayaan di luar itu adalah Tahun Baru," kata Ganjar usai rapat penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (17/11).

Terkait antisipasi kerumunan, pemprov juga berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah. Terutama terkait izin yang dikeluarkan. Menurut Ganjar, polda memastikan suatu acara tidak akan diizinkan jika tidak ada pembatasan.

"Dari kepolisian, kalau tidak dibatasi, tidak akan diizinkan. Jadi clear," tegas Ganjar.

Bagaimana dengan momen Natal dan Tahun Baru nanti, di mana awalnya pemerintah merencanakan adanya libur panjang di akhir tahun?

Terkait hal ini, Ganjar mengaku setuju dengan usulan Ikatan IDI yang meminta agar libur panjang Natal dan Tahun Baru 24-31 Desember ditunda.

"Setuju (libur panjang ditunda)," tegas Ganjar.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Faqih memang mengusulkan soal penundaan libur panjang Natal dan Tahun Baru pada 24 Desember-31 Desember. Momen libur berpotensi menimbulkan klaster baru penularan Covid-19. Contohnya pada libur panjang akhir Oktober lalu, terjadi rekor penularan Covid-19.

Sebab, mobilitas warga meningkat pada saat liburan. Masyarakat pun rawan abai terhadap protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M). (bay/ria)

(rs/bay/per/JPR)

 TOP