alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Pemkab Karanganyar Akhirnya Kembalikan Sekipan ke Perhutani

18 November 2020, 09: 40: 43 WIB | editor : Perdana

Kawasan Bumi Perkemahan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu ramai setiap libur panjang.

Kawasan Bumi Perkemahan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu ramai setiap libur panjang. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

Pemkab Karanganyar Akhirnya Kembalikan Sekipan ke Perhutani

KARANGANYAR – Pemkab Karanganyar mengembalikan pengelolaan Bumi Perkemahan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu ke Perhutani. Setelah mengelola selama empat tahun terakhir. Alasannya, pemkab tidak bisa mengembangkan objek wisata tersebut karena terganjal regulasi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Srijawoto mengungkapkan, sesuai regulasi yang ada, anggaran daerah tidak bisa digunakan untuk membangun aset milik pihak lain. Seperti diketahui, Sekipan berada di kawasan hutan Lawu yang dikelola Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perum Perhutani Surakarta.

”Padahal itu (Sekipan,Red) merupakan potensi yang luar biasa. Berada di kawasan wisata Tawangmangu dan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tapi karena regulasi, keuangan daerah tidak bisa digunakan untuk membiayai aset milik orang lain. Maka, kami serahkan kembali ke Perhutani,” terang Titis.

Selama empat tahun terakhir, pemkab menjalin kerja sama pengelolaan Sekipan dengan sistem bagi hasil. Seperti halnya Grojogan Sewu yang juga dikelola bersama pihak swasta. Titis mengaku tidak terlalu mempersoalkan pendapatan asli daerah (PAD) yang hilang dari pengembalian Sekipan ke Perhutani tersebut.

”Kami masih punya Grojogan Sewu, Lawu Camp, New Balekambang, dan beberapa pengelola wisata swasta lainnya. Mereka saat ini sudah memiliki kontribusi yang cukup besar dalam menyumbang PAD,” tegas Titis.

Diketahui sebelumnya, sejak Agustus 2017 silam, pemkab ikut mengelola dan melestarikan hutan tiga kawasan wisata alam di lereng Gunung Lawu. Yakni Sekipan, Pringgondani, dan puncak Lawu. Penyerahan dari KPH Perum Perhutani Surakarta ke Pemkab Karanganyar itu digelar di Bumi Perkemahan Sekipan. Saat itu pemkab diwakili oleh Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo. (rud/adi/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya