alexametrics
Sabtu, 05 Dec 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

SDIT Jumapolo Tonjolkan Program Boarding School

18 November 2020, 20: 48: 20 WIB | editor : Perdana

SDIT Jumapolo Tonjolkan Program Boarding School

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Jumapolo, Kabupaten Karanganyar sudah menerapkan boarding school pada 2019. Memfasilitasi siswa dengan asrama. Selain itu, juga fokus program tahfidz dengan target yang sudah ditentukan madrasah kepada siswanya.

PROGRAM boarding school di SDIT Jumapolo selama ini berjalan lancar. Madrasah menyediakan asrama khusus bagi siswa. Di sana, siswa tidak hanya belajar. Tetapi juga tinggal dan hidup menyatu dengan madrasah. Dengan adanya boarding school, penanaman karakter pada siswa, memberi ruang untuk membentuk karakter yang lebih baik.

Di awal-awal, boarding school hanya memfasilitasi siswa kelas VI. Kini, di masa pandemi Covid-19, program tersebut juga akan ditawarkan ke siswa kelas IV dan V.

“Tujuan program ini, salah satunya agar siswa lebih konsentrasi belajar. Tidak gampang terpengaruh dengan lingkungan luar. Serta tidak terjerumus dalam hal-hal negatif,” ungkap Waka Kesiswaan SDIT Jumapolo Siti Maesaroh.

SDIT Jumapolo juga mengedepankan program tahfidz. Ditargetkan, dalam tiga tahun lulusan SDIT Jumapolo bisa menghafal lima juz Alquran. Khusus bagi program boarding school. Sedangkan untuk kelas reguler, cukup dua juz saja. Yakni juz 29 dan 30.

“Di tengah pandemi Covid-19, program tahfidz tetap diberikan. Kendati kegiatan belajar mengajar (KBM) berupa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Setoran hafalan dilakukan pada akhir pekan melalui aplikasi WhatsApp (WA) grup kelas,” sambung Wakil Kepala SDIT Jumapolo Sriyadi.

Sementara itu, SDIT Jumapolo sudah mencetak segudang prestasi. Di antaranya juara II Mapsi Putra 2020, juara II Pesta Siaga se-Kabupaten Karanganyar 2020, juara I Jumbara PMR Karanganyar 2019, juara I siswa berprestasi se-Kecamatan Jumapolo 2020, juara II Cerdas Cermat 2020, juara I Jambore 2019, juara I Lomba Pidato Putri 2020, dan sebagainya.

Prestasi lainnya, SDIT Jumapolo pernah meraih piagam penghargaan Bupati Karanganyar sebagai sekolah Adiwiyata pada 2016. Disusul penghargaan dari gubernur Jawa Tengah sebagai sekolah Adiwiyata tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah. Pemenang Karanganyar Award 2017 sebagai madrasah berpendidikan karakter, maju, dan sejahtera.

Juga meraih penghargaan sebagai SD Islam unggulan dan terfavorit dalam mutu serta kualitas program pendidikan terbaik 2019. Terpilih sebagai sekolah terbaik dalam pencapaian dan pengembangan inovasi pembelajaran di 7Sky Media Awards 2019. Serta meraih sertifikat penghargaan sebagai SD favorit terbaik dalam program pendidikan berkualitas 2019 di Best Winner Indonesian School of Quality Award.

SDIT Jumapolo memiliki 18 rombongan belajar (rombel). Minimal tiga rombel di tiap angkatan. Dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar. Yakni lab bahasa, lab IPA, lab Matematika, perpustakaan, masjid, dan sebagainya. Termasuk fasilitas antar-jemput siswa, catering, kantin, dan koperasi.

“Kami ada kegiatan ekstrakurikuler untuk mewadahi kreativitas siswa. Seperti klub sains, futsal, kaligrafi, drumband, pidato, bahasa, voli, dan kegiatan lain yang menunjang prestasi sekolah,” terang Kepala SDIT Jumapolo Zainal Arifin.

Selama pandemi Covid-19, SDIT sudah melengkapi fasilitas protokol kesehatan (prokes). Di antaranya penyediaan sarana cuci tangan dengan sabun, cek suhu tubuh, wajib mengenakan masker, dan jaga jarak. (ryn/fer

(rs/fer/per/JPR)

 TOP