alexametrics
Jumat, 27 Nov 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan
SMK Muhammadiyah 6 Gemolong

Sekolah Berbasis Teknologi dan Pendidikan Agama

20 November 2020, 22: 04: 00 WIB | editor : Perdana

Sekolah Berbasis Teknologi dan Pendidikan Agama

SRAGEN – SMK Muhammadiyah 6 Gemolong, Sragen merupakan sekolah berbasis teknologi dan menjunjung tinggi dakwah kader Muhammadiyah. Yakni Amar Ma’ruf Nahi Munka. Selama menimba ilmu di SMK Muhammadiyah 6 gemolong, siswa dididik agar mampu bersaing di dunia kerja.

Ada empat kompetensi keahlian bidang teknologi yang ada di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong. Yakni Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), dan Farmasi.

Sekolah ini memiliki 495 siswa dengan rata-rata per kelas 32-36 siswa. Sejauh ini, minat siswa terbanyak di jurusan TOKR dan TSM. Karena SMK ini telah menggandeng perusahaan kenamaan. Seperti PT. Astra Honda Motor (AHM), PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), PT. Yamaha Indonesia Motor (YIM), PT. Nissan Indomobil, PT. Aisin (Toyota), PT. Bridgestone, PT. Dunlop, PT. Pama Indonesia, PT. Kayaba, Gobel Indonesia (Panasonic), dan sebagainya.

“Alumni kami sudah banyak yang bekerja di luar negeri. Karena kami bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan keterampilan (LPK). Baik ke Jepang, Korea, dan sebagainya,”papar Kepala SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Umar Jahid Nasoka, Kamis (19/11).

Kaprodi TOKR Agus Budiyanto menambahkan, materi diberikan sesuai perkembangan zaman. Mengikuti kurikulum terbaru. Agar pembelajaran maksimal, praktik tidak hanya di sekolah. Tapi juga pra kerja industri (prakerin) ke perusahaan binaan. Salah satunya PT. Astra. “Ke depan jika ada siswa yang cocok saat prakerin, bisa ditarik kerja di perusahaan tersebut. Bahkan sebelum lulus,” jelasnya.

Bahkan, lulusan jurusan Farmasi yang baru berdiri 2017, sudah tersalurkan ke brbagai perusahaan obat dan apotek di eks Karesidenan Surakarta. “Kami berupaya agar jurusan Farmasi makin diminati. Karena pernah, perusahaan butuh lulusan kami, sampai tidak bisa memenuhi permintaan. Kami juga pernah juara III kelengkapan fasilitas tingkat kabupaten pada 2018,” ujar Guru Farmasi Sumarno.

Sementara itu, SMK Muhammadiyah 6 Gemolong punya segudang ekstrakurikuler (ekskul). Di antaranya Kepanduan Hizbul Wathan, beladiri Tapak Suci, voli, dan sepak bola. Paling gres, yakni ekskul stir mobil untuk semua siswa kelas XII. Tujuannya agar saat lulus, diharapkan bisa mengemudi mobil atau kendaraan roda empat. 

Ekskul Kepanduan Hizbul Wathan pasang target juara I lomba PBB Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan se-Kwarda Sragen, Desember nanti. “Semoga juara I lagi biar hat-trick. Lomba dilaksanakan virtual. Video dikirimkan 24 November. Kami akan berusaha semaksimal mungkin,” tutur Pembina Gerakan Kepanduan Hisbul Wathan Susanto. (ryn/fer

(rs/fer/per/JPR)

 TOP