alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

UMK Wonogiri 2021 Naik, Serikat Pekerja Yakin Tak Akan Ada PHK

24 November 2020, 11: 13: 48 WIB | editor : Perdana

Pekerja mengoperasikan mesin untuk membantu tugasnya. 

Pekerja mengoperasikan mesin untuk membantu tugasnya.  (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Kenaikan nominal upah minimum kabupaten/kota (UMK) direspons penuh percaya diri oleh Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Wonogiri maupun Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Wonogiri. Mereka tak khawatir terjadi gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) dari keputusan tersebut.

Ketua SPSI Wonogiri Seswanto mengapresiasi keputusan naiknya UMK pada tahun depan menjadi Rp 1.827.000.

“Ini cukuplah untuk saat ini. Kalau dilihat situasi ekonomi global dan lokal belum begitu menggembirakan. Kami harapkan pertumbuhan ekonomi di tahun depan bisa bagus. Kalau tidak bagus, bisa banyak perusahaan yang kelimpungan. Karyawan kan juga kasihan," bebernya.

Harapan tumbuhnya perekonomian, lanjut Seswanto, adalah keinginan semua pihak. Baik dari pemerintah, pengusaha, dan pekerja. SPSI Wonogiri tidak khawatir bakal terjadi gelombang PHK karena kenaikan UMK di Wonogiri ini.

"Naiknya kan hanya segitu. Mudah-mudahan tidak ada gelombang PHK karena ini. Kami pun akan mengawal dengan dinas," terang dia.

Terpisah, Ketua Apindo Wonogiri Sutarto menjelaskan, pihaknya optimistis tahun depan pertumbuhan ekonomi bakal lebih baik. Saat ini, pertumbuhan ekonomi memiliki tren menggembirakan dibanding awal pandemi.

“Apalagi kalau nanti di awal tahun vaksinasi (Covid-19) sudah dijalankan. Kami perkirakan pertumbuhan ekonomi bakal lebih baik tahun depan,” ungkap dia.

Sutarto tak menampik, ada sebagian pengusaha yang merasa keberatan dengan kenaikan UMK. Namun, akhirnya Apindo mendukung kenaikan UMK di tahun depan karena punya harapan pertumbuhan ekonomi bakal lebih bergeliat.

“Nggak ada (gelombang PHK). Saya yakin di Wonogiri juga sudah oke," pungkasnya.

Seperti diketahui, nominal UMK Wonogiri naik Rp 32 ribu. Dari Rp 1.795.000 pada tahun ini, menjadi Rp 1.827.000 pada tahun depan. (al/wa/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news