alexametrics
Jumat, 22 Jan 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Sucipto, Eks Cleaning Service yang Pilih Mundur dari Dirut PT BPR BKK

Ingin Beri Kesempatan yang Muda Berkarya

25 November 2020, 19: 11: 57 WIB | editor : Perdana

Dirut PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) Sucipto bersujud di depan kantornya sebelum melepas jabatannya, Rabu (25/11).

Dirut PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) Sucipto bersujud di depan kantornya sebelum melepas jabatannya, Rabu (25/11). (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

Tidak banyak bos perusahaan rela mundur dari posisinya demi kemajuan bersama. Apalagi jabatan tersebut diperoleh dengan banting tulang. Dari nol. 

IWAN ADI LUHUNG, Wonogiri, Radar Solo 

SUASANA kantor pusat PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) di Jalan Jenderal Sudirman No.234 Wonogiri mengharu biru, Rabu (25/11). Sucipto, sang direktur utama melepas jabatan yang disandangnya sejak 2006 karena merasa sudah tua.

Dirut PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) Sucipto (paling depan) gowes dari Kantor Pusat PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) menuju rumahnya di Dusun Ketro RT 01 RW 04, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo.

Dirut PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) Sucipto (paling depan) gowes dari Kantor Pusat PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) menuju rumahnya di Dusun Ketro RT 01 RW 04, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Ketika memberikan kata sambutan perpisahan, pria 61 tahun itu tak mampu membendung air matanya. Maklum, hampir 39 tahun Sucipto mengabdikan hidupnya di PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda). 

Kakek lima cucu ini kemudian menyerahkan bendera pataka PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) kepada pelaksana tugas (Plt) Dirut Suwarto. Sekaligus sebagai tanda diserahkannya tampuk kepemimpinan.

Sebelum meninggalkan kantor PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda), Sucipto mengambil kain bergambar logo PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda). Di depan pintu masuk kantor, dia bersujud dengan alas kain tersebut. Tangisnya pecah lagi, tampak berat meninggalkan lokasi itu.

Bangkit dari sujudnya, Sucipto mencengklak sepedanya lalu gowes dari Kantor Pusat PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) menuju rumahnya di Dusun Ketro RT 01 RW 04, Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo dengan jarak sekitar 60 kilometer. Melintasi Kecamatan Wonogiri Kota, Ngadirojo, Nguntoronadi, Baturetno, dan Giriwoyo.

“Hati-hati Pak Cip, sehat selalu. Jangan lupa sama kami,” ucap salah seorang staf PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda). 

Selama perjalanan menuju rumahnya, Sucipto mampir ke sejumlah kantor cabang PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) yang dilewatinya dan bank lain untuk berpamitan. 

“Insya Allah kuat. Ini ada staf dan nasabah juga ikut ngontel. Yang ingin ikut ratusan, tapi saya batasi 40 saja. Kan masih pandemi,” jelas Sucipto.

Kiprah Sucipto di PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) diawali sebagai petugas cleaning service. Tepatnya 31 Desember 1981 di BKK Giriwoyo. Dia juga bertugas sebagai tukang sapu dan membersihkan mobil camat.

“Dari 1981 sampai 1983, saya menjadi cleaning service. Tapi saya punya cita-cita, bagaimana besok bisa ke kantor pakai dasi, bawa tas koper, dan minumnya susu,” bebernya.

Sucipto bekerja keras mewujudkan mimpinya itu. Karena keuletannya dan doa, dia naik jabatan hingga akhirnya dipercaya menjadi kepala BKK Giriwoyo. Modal uang kas BKK Giriwoyo senilai Rp 75 dikelola dengan baik.

Meskipun menjadi kepala BKK Giriwoyo, Sucipto tetap bertugas rangkap. Semua dikerjakan sendiri. Termasuk penagihan ke nasabah. 

Pada 1991 BKK Giriwoyo berubah menjadi BPR, disusul BKK lainnya di Kota Sukses. Lalu pada 2006 semua BKK di-merger menjadi BKK Wonogiri. Dari 22 direktur BKK, hanya Sucipto yang lolos seleksi menjadi direktur BKK Wonogiri. “Alhamdulillah sekarang (cita-cita) sudah tercapai,” terang suami dari Sunarti ini.

Dengan tangan dingin Sucipto, PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda) berkembang pesat. Berderet prestasi diraih. Di antaranya penghargaan dari gubernur Jawa Tengah sebagai BPR BKK Berkinerja Baik.

Lalu kenapa malah mengundurkan diri? Ternyata Sucipto merasa sudah tua. Dia ingin memberikan kesempatan kepada orang lain yang dinilainya masih muda dan fresh agar bisa lebih mengembangkan PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda). (*/wa/ria) 

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news