alexametrics
Sabtu, 16 Jan 2021
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Milad Ke-25 MTsN Karanganyar, Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

27 November 2020, 20: 01: 46 WIB | editor : Perdana

Milad Ke-25 MTsN Karanganyar, Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

KARANGANYAR – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Karanganyar yang dulunya MTsN Jumapolo, rayakan milad ke-25, Rabu (25/11). Dirayakan sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat pencegahan penyebaran Covid-19. Dihadiri, guru, staf, dan 20-an perwakilan siswa.

Sebelum acara, peserta dicek suhu tubuhnya, wajib kenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Perayaan milad dipusatkan di aula MTsN 3 Karanganyar di lantai 2. Diawali pembacaan Alquran oleh empat siswa. Dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Kemenag, dan Mars Madrasah.

“Sebenarnya kami ingin menyelenggarakan milad ini dengan kemasan lebih ramai dengan melibatkan seluruh siswa. Termasuk mengenalkan prestasi yang telah dicapai sekolah ini. Supaya sekolah kami lebih dikenal di mata masyarakat. Tetapi karena kondisi pandemi Covid-19, maka dialaksanakan secara sederhana. Biasanya tiap dua tahun sekali juga ada kegiatan bakti sosial,” ucap Kepala MTsN 3 Karanganyar Tri Wibowo.

Simbolis perayaan milad ditandai pemotongan tumpeng oleh kepala sekolah. Serta penyerahan piala kepada pemenang lomba khusus guru yang sudah digelar sejak dua pekan terakhir. Yakni lomba menyanyi, olahraga, dan kedisiplinan.

Dalam sambutannya, Tri Wibowo menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak. Khususnya panitia penyelenggara milad. “Siswa harus tetap semangat belajar di tengah pandemi Covid-19. Selalu menjalin komunikasi intensif dengan guru,” katanya.

Di usia 25 tahun, MTsN 3 Karanganyar berkomitmen menjadi sekolah pilihan dan favorit di tingkat kabupaten. Serta mengembangkan prestasi yang dimiliki, tah hanya sampai tingkat kecamatan maupun kabupaten. Namun hingga tingkat provinsi, bahkan sampai nasional.

“Kami lebih fokus di bidang keagamaan dengan melaksanakan kegiatan tahfidz. Kami targetkan siswa yang lulus dari MTsN 3 Karanganyar sudah bisa membaca Alquran. Karena itu sesi baca tulis Alquran yang awalnya hanya dua jam, kami tambah jadi empat jam,” imbuh Tri Wibowo. 

Pada kesempatan ini, sejumlah ekstrakurikuler (ekskul) ditampilkan di hadapan peserta. Salah satunya pencak silat. Perayaan milad dipuncaki dakwah dengan mengusung tema “Mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah yang Nyaman dan Ramah di Era Covid-19”. Dipimpin ustad Lukman S. 

“Semoga MTsN 3 Karanganyar menjadi madrasah yang unggul dan berkualitas. Baik tenaga pendidik maupun peserta didik,” tutur Lukman.

Sementara itu, sederet prestasi diukir MTsN 3 Karanganyar di usianya ke-25 ini. Di antaranya juara 1 kelas C putra, juara 1 kelas H putra, juara 2 kelas F putra, dan juara 3 kelas C putri cabang pencak silat dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Karanganyar 2020.

Sebelumnya, MTsN 3 Karanganyar juara 1 lomba tahfidz Kecamatan Jumapolo. Diraih Nimas Ayu Anggraini, siswa kelas IXA. “Ditunjuk mewakili sekolah maju lomba tingkat kecamatan. Alhamdulillah bisa juara. Saya juga pernah ikut KSM (Kompetesi Sains Madrasah),” ujar Nimas.

Prestasi lainnya, yakni dua kali lomba tahfidz tingkat kecamatan. sebanyak 2 kali sekaligus menjadi peserta tingkat kabupaten. Kali ini diraih Latif L., siswa kelas VIIA. Serta lomba bidang kepramukaan yang dipersembahkan Muhammad Diki, siswa kelas IXA. (mg 20/mg21/fer)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news