alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

2 Pedagang Pasar Gede Positif Covid, sudah Karantina sejak Rapid Test

30 November 2020, 04: 43: 22 WIB | editor : Perdana

Pasar Gede tetap beroperasi. Dua pedagang pasar yang positif Covid-19 diketahui sudah menjalani karantina mandiri sejak rapid test.

Pasar Gede tetap beroperasi. Dua pedagang pasar yang positif Covid-19 diketahui sudah menjalani karantina mandiri sejak rapid test. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Dua pedagang Pasar Gede dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani uji swab. Namun, hingga kemarin (29/11) tidak dilakukan lockdown di pasar setempat. Pemkot berdalih dua pedagang itu sudah menjalani karantina sejak hasil rapid test menunjukkan reaktif.  

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi membenarkan ada dua pedagang pasar setempat positif Covid-19. Kedua pedagang ini awalnya dinyatakan reaktif usai menjalani rapid test. Selanjutnya pedagang itu diwajibkan menjalani swab test oleh pemkot. “Hasil swab test menunjukkan kalau mereka positif,” kata dia.

Meski ada pedagang yang terkonfirmasi positif, pemkot belum berencana menutup pasar. Dinas perdagangan menilai langkah ini belum perlu karena kedua pedagang yang positif itu sudah menjalani karantina mandiri sejak dinyatakan reaktif. 

“Jadi kedua pedagang ini tetap kami minta meneruskan karantina mandiri. Kiosnya juga ditutup dan hanya boleh berjualan lagi setelah hasil swab selanjutnya negatif. Berbeda dengan kasus di Pasar Harjadaksina. Di mana pedagang sebelumnya meninggal karena Covid-19. Karena itu, harus ditutup dan dilakukan tracing,” ujarnya.

Pemkot terus memantau perkembangan kesehatan kedua pedagang itu dan mengawasi kondisi Pasar Gede. Pihaknya juga meminta pengelola pasar setempat agar melakukan penyemprotan disinfeksi secara rutin di lingkungan pasar setiap tiga hari sekali. 

“Kami selalu berkomunikasi dengan instansi terkait lainnya. Yang jelas penegakan protokol kesehatan terus disosialisasikan kepada pedagang dan pengunjung agar selalu tertib di manapun mereka berada,” tutur dia. (ves/bun/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news