alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Tingkatkan Motivasi Menulis dengan Outdoor Activity

30 November 2020, 12: 47: 43 WIB | editor : Perdana

Sri Supadmi, S.Pd., Guru SMP Negeri 1 Kedawung Sragen

Sri Supadmi, S.Pd., Guru SMP Negeri 1 Kedawung Sragen

Share this      

Oleh: Sri Supadmi, S.Pd., Guru SMP Negeri 1 Kedawung Sragen

Menulis merupakan bagian dari pengajaran bahasa Indonesia. Bertujuan agar siswa mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan yang baik, benar dan tertib sesuai kaidah kebahasaan.

Keterampilan memproduksi teks merupakan kegiatan yang kompleks dan produktif. Memproduksi teks dapat juga diartikan sebagai  kegiatan menuangkan ide, gagasan, pikiran, dan perasaan yang akan disampaikan kepada orang lain  melalui bahasa tulis untuk dipahami secara tepat seperti yang dimaksud oleh penulis.

Keterampilan menulis berbeda dengan jenis keterampilan berbahasa lainnya khususnya di dalam materi pelajaran laporan percobaan. Keterampilan menulis merupakan kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulis sebagai medianya. 

Sejalan dengan itu, Akhadiah (dalam Abidin 2012: 181) mengatakan bahwa menulis adalah sebuah proses, yaitu proses penuangan gagasan atau ide ke dalam bahasa tulis, yang dalam praktiknya proses menulis diwujudkan dalam beberapa tahapan yang merupakan satu sistem yang utuh.

Dengan memiliki kemampuan menulis, siswa dapat mengkomunikasikan ide, gagasan dan pengalamannya kepada berbagai pihak. Namun, kenyataannya keterampilan  peserta didik dalam menulis masih kurang. 

Hal ini terlihat pada pembelajaran keterampilan menulis laporan percobaan, mengkonstruksikan teks laporan dengan memperhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lesan maupun tulis, khususnya di kelas IXD SMP Negeri 1 Kedawung belum sepenuhnya tuntas. 

Permasalahan lain adalah kurangnya partisipasi perserta didik  dalam mengikuti pembelajaran  menulis juga menjadi kendala. Guru masih menggunakan pendekatan konvensional dalam pembelajaran menulis. Hal tersebut mengakibatkan peserta  didik menganggap bahwa pelajaran ini sulit serta membosankan. 

Untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya peserta didik kelas IXD SMP Negeri 1 Kedawung perlu digunakan metode embelajaran di luar kelas atau outdoor activity. Peserta didik secara langsung diajak berinteraksi dengan objek yang akan dijadikan bahan untuk memproduksi teks laporan percobaan, sehingga proses melaporkan suatu objek akan menjadi lebih jelas dan nyata. Metode ini digunakan untuk merangsang dan kreasi dan imajinasi peserta didk agar dapat menuangkan ide, pikiran, maupun gagasannya kedalam bentuk tulisan laporan percobaan. 

Penerapan pembelajaran outdoor activity dilaksanakan dalam tiga tahap. Pada tahap awal guru melakukan pendalaman materi teks laporan percobaan. Guru menyampaikan kalau pembelajaran menulis teks laporan percobaan akan dilakukan di luar kelas serta menyampaikan tata tertib pembelaaran outdoor activity. 

Tahap kedua inti.  Pada tahap ini siswa diajak keluar kelas menuju lokasi pembelajaran yang sejuk hijau, dan indah. Di lokasi pembelajaran siswa diminta untuk menulis teks laporan percobaan berdasarkan pikiran, perasaan, dan pengalaman pada saat melakukan observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasan, dan isi teks laporan percobaan. 

Berdasarkan hasil analisi, pembelajaran menggunakan metode outdoor actvity mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan, serta menyelesaikan semua tugas menulis teks laporan percobaan dengan baik. Selain itu peningkatan motivasi juga tampak setiap  individu memiliki kesempatan unik untuk mengembangkan kreatifitas dan inisiatif personal. 

Metode outdoor actvity, peserta didik pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi dalam menulis teks laporan percobaan secara baik. Secara pribadi, peserta didik  dalam proses belajar mengajar dapat bekerja secara bebas. Memberikan semangat untuk berinisiatif, kreatif, dan aktif. Peserta didk mempunyai  rasa percaya diri dan lebih semangat dalam belajar . Bahkan dapat belajar untuk memecahkan menangani suatu masalah serta mengembangkan antusiasme dan menyenangkan untuk siswa. (*)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news