alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Pilkada Solo, 8 TPS Masuk Kategori Rawan: Pengamanan Digandakan

01 Desember 2020, 11: 38: 01 WIB | editor : Perdana

Mural di kompleks kantor KPU Kota Surakarta menggambarkan antusias warga dari beragam kalangan menyukseskan Pilkada 9 Desember.

Mural di kompleks kantor KPU Kota Surakarta menggambarkan antusias warga dari beragam kalangan menyukseskan Pilkada 9 Desember. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Delapan hari lagi, warga Kota Solo bakal menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 9 Desember. Persiapan kian matang. Termasuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS).

Hasil pemetaan Polresta Surakarta, terdapat delapanTPS yang tersebar di lima kelurahan terkategori rawan. Status tersebut ditentukan berdasarkan kasus persebaran Covid-19 di sekitar TPS, potensi bencana mengingat sudah memasuki musim hujan, hingga potensi munculnya konflik. Sebab itu, pengamanan di lokasi digandakan.

“Satu TPS (terkategori rawan) akan dijaga dua orang personel untuk mencegah potensi gangguan kamtibmas di lokasi pencoblosan,” ujar Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kemarin.

Untuk total personel yang disiagakan mencapai 750 anggota. Di-back-up dari Polda Jateng dan unsur TNI. Mereka bertugas menjaga 1.231 TPS. Nantinya, satu personel menjaga satu hingga dua TPS.

Selain personil yang bertugas di lapangan, Polresta Surakarta menyiapkan tim mobile untuk berpatroli menjaga kawasan Kota Bengawan. Termasuk membubarkan kerumunan karena berpotensi menyebarkan Covid-19, serta konvoi sepeda motor.

Guna memastikan kondisi kesehatan petugas, sebanyak 750 personel Polresta Surakarta sudah menjalani tes swab. “Tinggal 350 personel yang (hasil tes swab) belum keluar. Lainnya sudah. Alhamdulilah semua menunjukkan hasil negatif," terang kapolresta. (atn/wa/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news