alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarsolo
Home > Travelling
icon featured
Travelling
Alam Merbabu Kian Mempesona

Wisata Nonpendakian Sudah Dibuka

13 Desember 2020, 11: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Wisata Nonpendakian Sudah Dibuka

BAGI wisatawan yang ingin jalan-jalan santai menikmati pemandangan alam Gunung Merbabu, ada tiga kawasan wisata nonpendakian yang sudah dibuka. Kopeng Tree Top Adventure Park, Top Selfie Pinusan Kragilan, dan Wisata Alam Grenden.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) berkerja sama dengan masyarakat lokal setempat telah mengantongi izin dari Ketua Satuan Petugas (Satgas) Covid-19, dalam hal ini bupati Magelang dan Semarang untuk membuka kawasan wisata tersebut.

“Khusus kawasan wisata nonpendakian, kami bersama masyarakat sudah siap membuka. Reaktivasi sudah disimulasikan dan mendapat rekomendasi dari ketua Satgas Covid-19 kabupaten setempat. Namun dengan berbagai persyaratan, yakni dilakukan pembatasan kuota pengunjung sebesar 50 persen dan bukan wisata menginap," beber Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) Johan Setiawan.

Untuk kawasan Top Selfie Pinusan Kragilan dan Wisata Alam Grenden, Johan menyebut bentuk kerja samanya berupa community based tourism. Alias memberi akses kepada masyarakat lokal untuk mengembangkan pariwisata tersebut. Dari pemasukan tiket Rp 1,5 miliar, senilai Rp 850 juta masuk ke kas desa.

"Belum lagi masyarakat desa yang membuka jasa fotografi, sewa wahana foto, dan lain sebagainya," sambungnya.

Sementara untuk Kopeng Tree Top Adventure Park, dikelola pihak ketiga, PT Kopeng Alam Wisata. Perusahaan tersebut dapat mengelola sebagian zona pemanfaatan di taman nasional. Kegiatan ini telah mendapat izin dari menteri lingkungan hidup dan kehutanan sebagai izin usaha sarana wisata alam.

"Sebenarnya, hampir semua masyarakat lokal di sekitar kawasan alam Gunung Merbabu menikmati benefitnya. Di pintu pendakian Selo misalnya. Semua rumah disulap menjadi basecamp. Tempat para pendaki transit, makan, dan minum. Itu bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di sana," jelasnya.

Johan berharap, benefit itu dapat menjadi kontribusi BTNGMb untuk masyarakat sekitar. Mereka dapat memperoleh manfaatnya tanpa merusak kawasan alam Gunung Merbabu.

“Syukur-syukur bisa ikut menjaga, membantu pengelolaanna, dan ikut membantu saat ada evakuasi," tandasnya.

Nah, bagi yang ingin merasakan suasana alam di Kopeng Tree Top Adventure Park, bisa berkunjung pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara di Top Selfie Pinusan Kragilan, buka tiap hari kecuali Jumat. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news