alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan
SDIT ALIF SMART SURAKARTA

Cetak Generasi Islami, Berkarkter, dan Berprestasi

14 Desember 2020, 20: 12: 28 WIB | editor : Perdana

Cetak Generasi Islami, Berkarkter, dan Berprestasi

SOLO – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alif Smart Surakarta komitmen mencetak generasi Islami, berkarakter, dan berprestasi. Memilikitiga basis kurikulum. Yaitu kurikulum dinas pendidikan, kurikulum jaringan Islam terpadu, dan kurikulum khazanah.

Khusus kurikulum khazanah, mengacu pada kemampuan peningkatan bahasa. Di antaranya adalah trilingual language, yaitu Bahasa Jawa, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. 

Baru berdiri pada 2014, SDIT Alif Smart Surakarta ditunjang fasilitas yang cukup memadai. Berupa ruang belajar, perpustakaan, usaha kesehatan sekolah (UKS), kolam renang, kantin, dan koperasi. Berhasil kembangkan program-program unggulan. Sekaligus mencetak generasi berprestasi. Baik di bidang akademik maupun nonakademik. 

”Sebagai sekolah baru, kami memiliki standar kelulusan yang harus dipenuhi siswa. Kami harapkan lulusan memiliki keterampilan dan kemampuan di bidang tahfidzul Quran dengan capaian 2 juz. Juga satu keterampilan olahraga, yaitu renang,” terang Kepala SDIT Alif Smart Surakarta Retno Hardyah Astuti, Sabtu (12/12).

Tafidzul Quran, life skill, dan Sekolah Ramah Bakat adalah program unggulan SDIT Alif Smart Surakarta. Life skill merupakan program yang berkaitan dengan keterampilan hidup anak-anak. 

“Ada proses-proses yang kami berikan kepada anak-anak agar mereka terlibat dalam kegiatan di rumah. Sebagaimana di era pandemi Covid-19 ini, anak-anak diminta fokus kerjakan kegiatan di rumah. Seperti mencuci dan menjemur. Kemudian orang tua melaporkan hasil karya anak,” imbuhnya. 

Saat ini, SDIT Alif Smart mulai menambah sejumlah fasilitas. Di antaranya laboratorium, ruang komputer, dan audiovisual. Masih proses pembangunan. 

Terkait ekstrakurikuler (ekskul), SDIT Alif Smart memiliki olahraga sunah, yaitu memanah. Ke depan bakal ditambah ekskul sunah lainnya, yaitu berkuda. Sembari mencari lahan yang cukup luas. “Alhamdulillah sampai hari ini prestasi anak-anak tidak berhenti. Baik tingkat kecamatan, kabupaten, bagkan provinsi,” tuturnya.

Sederet prestasi yang diukir SDIT Alif Smart Surakarta, di antaranya Juara 1 Pemanfaatan Limbah Daun Ketapang, Juara Harapan 1 Kompetisi Sains Nasional Mata Pelajaran IPA, dan Juara 3 Olimpiade IPA tingkat kecamatan. 

Termasuk Juara 2 Magelang Open cabang taekwondo atas nama Arya Rasya Mahendra, siswa kelas VI. “Sekolah di SDIT Alif Smart Surakarta membuat bakat saya makin berkembang,” ujar Arya. 

Prestasi lainnya diukir siswa kelas V Zakiya Nadia Firdausi. Meraih Juara 2 Lomba Berkisah Semarak Hari Pahlawan. Disusul siswa kelas VI Kidung Rasita setelah juara Juara 2 Robotic dan Juara 3 Video Pembelajaran IPA.

Tak mau kalah, staf pengajar SDIT Alif Smart juga catatkan prestasi membanggakan. Meraih Juara 1 Lomba Video Pembelajaran di era pandemi Covid-19. (mg20/mg21/fer

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news