alexametrics
Sabtu, 23 Jan 2021
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Pleno KPU Klaten, Paslon Mulyo Peroleh Suara Terbanyak 50,18 Persen

15 Desember 2020, 21: 16: 19 WIB | editor : Perdana

Penyerahan SK penetapan perolehan suara kepada saksi masing-masing paslon di aula kantor KPU Klaten 

Penyerahan SK penetapan perolehan suara kepada saksi masing-masing paslon di aula kantor KPU Klaten  (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilkada Klaten 2020, Selasa (15/12).

Hasilnya menempatkan pasangan calon (Paslon) Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo) sebagai peraih suara terbanyak. Yaknk 378.418 suara atau 50,18 persen. Disusul paslon One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI) memperoleh 246.579 suara atau 32,69 persen. Terakhir, ada paslon Arif Budiyono-Harjanta (ABY-HJT) dengan 129.081 suara atau 17,11 persen.

“Penyelenggaraan rapat pleno ini diapresiasi dari provinsi. Kami juga laporkan pilkada berjalan dengan aman dan lancar. Apalagi tidak ada keberatan dari para saksi masing-masing paslon,” ucap Komisioner KPU Klaten Divisi Teknis Penyelenggaraan Samsul Huda usai acara.

Samsul mengatakan, awalnya untuk perhitungan perolehan suara Pilkada Klaten akan dilakukan dengan menggunakan metode aplikasi sirekap dan excel. Tetapi akhirnya hanya menggunakan metode excel karena sirekap mengalami gangguan dan tidak bisa akses.

Dalam rapat pleno siang tadi, pembacaan rekap hasil pleno dilakukan dari masing-masing kecamatan. Lantas dibuatkan surat keputusan (SK) penetapan perolehan suara pilkada yang diserahkan ke masing-masing saksi paslon. KPU akan menunggu selama tiga hari. Jika tida ada yang mengajukan gugatan, dilanjutkan dengan penetapan.

“Untuk rapat pleno ini kami hanya terkait penetapan perolehan suara dari masing-masing paslon. Belum sampai pada penetapan siapa yang terpilih. Soalnya kami masih menunggu tiga hari, apakah ada gugatan atau tidak,” tambah Samsul.

Di samping perolehan suara, Samsul juga mengapresiasi partispasi pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Klaten kali ini melebihi target. Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 961.070 orang, sebanyak 778.852 pemilih memberikan hak suara. Jika dipersentase sebesar 81,04 persen, melebih target awal 77,5 persen.

“Tentunya kami tidak akan berpuas diri atas pencapaian ini. Apalagi akan kami evaluasi dan tidak akan berhenti sampai di sini,” ucap Samsul.

Sementara itu, calon bupati Klaten Sri Mulyani menanggapi hasil rapat pleno itu. Dia mengucapkan terima kasih kepada PDIP dan Partai Golkar. Termasuk para relawan dan masyarakat yang membuatnya memperoleh suara terbanyak dibanding dua paslon lainnya.

“Semoga sampai proses nanti pelantikan berjalan lancar. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat untuk angka partipasinya cukup tinggi. Ini menunjukkan masyarakat Klaten peduli akan pembangunan Klaten ke depannya,” ucap Mulyani.

Nantinya, pemerintahan Sri Mulyani-Yoga Hardaya akan melanjutkan pembangunan Klaten. Menjadikan Klaten lebih maju, mandiri, dan sejahtera sesuai dengan visi-misi serta program kerja yang dipaparkan selama kampanye sebelumnya. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news