alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarsolo
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Pesona Gunung Besek, Wonogiri Barisan Bukit di Wilayah Perbatasan

20 Desember 2020, 15: 05: 59 WIB | editor : Perdana

NGERI-NGERI SEDAP: Spot foto yang paling populer di puncak Gunung Besek, Kismantoro. Lokasinya menghadap langsung ke barisan bukit yang indah.

NGERI-NGERI SEDAP: Spot foto yang paling populer di puncak Gunung Besek, Kismantoro. Lokasinya menghadap langsung ke barisan bukit yang indah. (ADITYA INDRA RACHMAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Jawa Timur. Di daerah tersebut menyimpan berbagai keindahan alam yang memanjakan mata. Termasuk Gunung Besek di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro.

Jika dari Kota Solo, jarak yang harus ditempuh sekitar 80 kilometer (km). Butuh waktu perjalanan sekitar 2 jam 15 menit. Rute yang paling mudah untuk mengunjungi Gunung Besek adalah melalui jalur Wonogiri-Ngadirojo-Jatisrono. Setelah sampai daerah Jatisrono perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke arah selatan menuju Kismantoro.

Sampai di Desa Bugelan, perjalanan yang sesungguhnya baru dimulai. Akses jalannya berupa cor, menanjak dan sangat curam. Petunjuk arah masih sangat minim. Hanya pelakat kecil dan spanduk yang luntur bahkan sobek. Sehingga ketika ada pengunjung dari luar kota yang datang pada malam hari akan dibikin bingung saat menuju lokasi Gunung Besek. Disamping itu jalannya yang masih gelap karena belum ada penerangan yang memadai. Kemudian untuk area parkir atau penitipan motor pengunjung belum tersedia dan hanya dititipkan di teras warga sekitar.

Jalur yang harus dilalui masih jalan setapak. Untuk pengunjung belum dipungut biaya apapun dan belum dibatasi waktu kunjungan saat ke lokasi. Kami sedianya akan berburu sunrise dari puncak bukti. Sayangnya, karena tersesat, kami tak dapat moment itu. Tiba di puncak Gunung Besek, matahari sudah terlihat utuh.

Walaupun harus sedikit berjuang untuk ke Gunung Besek ini, traveler akan disuguhi pemandangan yang indah. Meskipun hanya pada ketinggian 850 mdpl, karakteristik yang dimiliki Gunung Besek adalah bukit yang berbaris-baris. Jika ingin melakukan kamping, di sana ada sedikit ruang untuk mendirikan tenda.

Gunung Besek sebenarnya sudah lama dikenal. Namun belum banyak orang yang mengeksplore daerah itu untuk dijadikan wisata alam. Padahal pemandangan yang disuguhkan Gunung Besek sangat menawan. Bahkan wisatawan tidak perlu khawatir harus mendaki seperti gunung-gunung pada umumnya. Gunung Besek dapat dikunjungi segala umur. Tetapi tetap harus mengutamakan kesehatan jasmani, rohani, serta pentingnya menjaga keselamatan selama mendaki. Gunung Besek juga mempunyai banyak spot-spot yang menarik. Salah satunya yang populer batu berbentuk balok yang berada di bibir jurang. Menghadap langsung ke barisan bukit di depannya. Jika takut ketinggian, tak disarangkan berpose di lokasi ini. (mg17/mg22)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news