alexametrics
Senin, 25 Jan 2021
radarsolo
Home > Sragen
icon featured
Sragen

ATCS Ingatkan Prokes ke Pengendara

24 Desember 2020, 16: 43: 32 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen memantau pengendara di ruang ATCS, Rabu (23/12).

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen memantau pengendara di ruang ATCS, Rabu (23/12). (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Berbagai upaya dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes). Salah satunya lewat fasilitas area traffic control system (ATCS) milik Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen.

Pengendara yang kedapatan tidak pakai masker saat berhenti di sejumlah titik, langsung diperingatkan dengan pengeras suara.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Sragen Bayu Satrio Adi Bimantoro mengungkapkan, ATCS tersambung dengan kamera CCTV di sejumlah titik, terutama di traffic light persimpangan jalan. Di antaranya traffic light pemda, Tugu Adipura, Pungkruk dan Pilangsari.

”Kami memanfaatkan fasilitas dan teknologi tersebut untuk sosialisasi pada masyarakat tentang 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,Red) khususnya menggunakan masker. Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran Covid-19,” terang Bayu, Rabu (23/12).

Dia menambahkan, empat titik traffic light yang terhubung CCTV tersebut juga dilengkapi pengeras suara. Jika ada pengendara yang tidak memakai masker, langsung diberi peringatan.

”Pantauan dari CCTV, selama pandemi ini masyarakat banyak yang sudah sadar pentingnya penggunaan masker, bisa dikatakan banyak yang sadar. Tetapi tidak dipungkiri masih ada beberapa pengguna jalan yang bandel tidak menggunakan masker,” imbuh Bayu.

Dia menjelaskan, Dishub Kabupaten Sragen juga ikut mencegah penyebaran Covid-19. Lewat ATCS tersebut cukup efektif menegur pengendara yang melanggar lalu lintas maupun yang tidak memakai masker.

Sekretaris Dishub Sragen Darmawan menyampaikan, selain peringatan bagi pengguna jalan melalui ATCS, juga memantau kondisi sopir kendaraan umum di Terminal Pilangsari.

”Kami waspada di Terminal Pilangsari dicek kesehatan Senin kemarin. Kami warning teman-teman kru bus agar tetap memakai masker. Tapi juga ada kru bus kurang asupan oksigen karena terlalu lama memakai masker,” ujar Darmawan.(din/adi)

(rs/din/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news