alexametrics
Selasa, 02 Mar 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Tak Ada Rapid Test Antigen di Tawangmangu, Harus Tetap Patuh Prokes

25 Desember 2020, 06: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Petugas Balai Kesehatan Masyarakat Klaten menggelar rapid test terhadap pengunjung Gerojogan Sewu, beberapa waktu lalu.

Petugas Balai Kesehatan Masyarakat Klaten menggelar rapid test terhadap pengunjung Gerojogan Sewu, beberapa waktu lalu. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Wilayah Kabupaten Karanganyar bukan termasuk lokasi penyelenggaraan rapid test antigen bagi pendatang, seperti yang direncanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Namun demikian, Satgas Penanggulangan Covid-19 Karanganyar mengimbau masyarakat tidak mudik atau merayakan Natal dan tahun baru (Nataru) secara berkerumun.

Diketahui sebelumnya, pemprov akan menggelar operasi yustisi sekaligus rapid test antigen atau swab antigen di 11 lokasi. Sasarannya para pendatang dari luar Jawa Tengah. Kawasan wisata Tawangmangu disebut-sebut termasuk salah satunya.

Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar menegaskan, Karanganyar tidak termasuk dalam daftar lokasi penyelenggaraan rapid test antigen.

”Sebelas titik itu Karanganyar enggak termasuk. Tidak ada di objek wisata Tawangmangu. Yang ada malah objek wisata Balekambang Solo,” terang Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karanganyar Warsito.

Dia membenarkan bahwa pemprov akan menyelenggarakan operasi yustisi sekaligus rapid test antigen atau swab antigen secara acak di sebelas lokasi di Jateng. Di antaranya objek wisata Dieng di Wonosobo, Borobudur di Magelang, Baturaden di Banyumas, Dusun Sumilir di Kabupaten Semarang, Lawangsewu di Kota Semarang, Balekambang di Kota Solo, rest area 260 B di Kabupaten Tegal, rest area 379 A di Batang, rest area 429 di Kabupaten Semarang, rest area 456 A dan 456 B di Kabupaten Semarang. Kegiatan tersebut di bawah koordinasi dishub dan Satpol PP Pemprov Jateng.

Warsito menjelaskan, pemprov sudah pernah menggelar operasi yustisi di Karanganyar saat libur panjang beberapa waktu lalu. Saat itu sasarannya pengunjung Grojogan Sewu, Tawangmangu.

”Libur panjang dulu kan sudah dilaksanakan di pintu masuk Grojogan Sewu. Ini pindah ke lokasi lain yang belum. Sepertinya memang difokuskan di rest area wilayah Jateng untuk pemantauan pemudik,” ujar dia. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news