alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

Rapid Test Antigen, Puluhan ODGJ Panti Budi Makarti Boyolali Reaktif

31 Desember 2020, 10: 30: 19 WIB | editor : Perdana

Kepala Dinkes Boyolali Ratri S. Survivalina.

Kepala Dinkes Boyolali Ratri S. Survivalina. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI - Puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) Panti Budi Makarti dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test antigen. 

Relawan Satgas Covid-19 Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali Kota Aditya Deni Nugroho membenarkan ada puluhan penderita ODGJ yang reaktif. Hal itu diketahui dari beberapa pasien yang mengalami sakit, lalu dirujuk ke rumah sakit.

“Ada enam penderita ODGJ yang dirujuk kerumah sakit, Rabu (16/12) lalu. Lima pasien dirujuk ke RSUD dr Moewardi Solo dan satu pasien di rujuk ke RSJD Solo,” kata Aditya.

Setelah beberapa saat dirawat di RSUD dr Moewardi, dua pasien meninggal dunia. Dari kejadian tersebut, Satgas Covid-19 beserta Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali pun melakukan penelusuran.

Tim mengecek kondisi penghuni Panti Budi Makarti. Sebanyak 140 penghuni panti yang mayoritas berasal dari luar wilayah Boyolali diperiksa.

Hasilnya, sejumlah penghuni panti memiliki gejala Covid-19. Terutama penghuni Bangsal Mangga sebanyak 35 ODGJ, yang menjadi kontak erat penderita Covid-19.

Mereka di-rapid test antigen. Hasilnya, ada 25 orang yang reaktif. Kemudian, dari 106 penghuni lainnya, juga ada enam orang reaktif.

“Rapid test antigen juga dilakukan terhadap 40 karyawan panti. Ternyata tiga di antaranya diketahui reaktif,” katanya.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, penghuni yang reaktif ditempatkan di tempar terpisah. Meski sulit, namun berkat usaha keras pengurus, isolasi mandiri bisa dilakukan.

“Persoalannya, untuk memindahkan pasien panti bukan hal mudah. Harus ada kecocokan teman,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Boyolali Ratri S. Survivalina menyatakan, pihaknya terus memantau penanganan klaster Panti Budi Makarti. Diharapkan, penanganan yang tepat bersama petugas panti, bisa segera mengatasi penyebaran Covid-19. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news