alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Karanganyar Dapat 570.156 Dosis Vaksin Covid,Vaksinasi di 23 Fasyankes

05 Januari 2021, 14: 41: 21 WIB | editor : Perdana

Tenaga kesehatan bakal diprioritaskan menerima vaksin Covid-19.

Tenaga kesehatan bakal diprioritaskan menerima vaksin Covid-19. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Kabupaten Karanganyar bakal menerima kuota vaksin Covid-19 sebanyak 570.156 dosis pada tahap pertama. Dijadwalkan, vaksin tersebut akan tiba Rabu (13/1) mendatang. Sasaran penerima vaksin meliputi tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, masyarakat rentan, dan masyarakat dengan penyakit komorbid.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar Purwati menyampaikan, tahap pertama yang menerima vaksin adalah nakes. Ada sekitar 3.441 nakes di Bumi Intanpari. Jumlah tersebut merupakan data sementara.

”Karena kemarin ada rapat dengan pusdatin dan kemenkes, nanti ditambahkan lagi CPNS jalur kesehatan dan yang praktik swasta,” ucap Purwati.

Purwati menjelaskan, nakes yang sudah terdata di aplikasi itu dapat memilih fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) tempat vaksinasi Covid-19.

”Misalkan saya asli Karangpandan, tapi kerja di Karanganyar, memilih vaksinasi di Karanganyar boleh, terserah nakes pilihannya di mana,” jelasnya.

Lebih lanjut Purwati menambahkan, dinkes akan mengundang semua fasyankes tempat vaksinasi untuk mensosialisasikan alur dan mekanisme vaksinasi. Ada 23 fasyankes, terdiri dari 21 puskesmas dan dua rumah sakit milik pemerintah.

”Kami juga akan sosialisasi kepada masyarakat terkait vaksinasi tersebut melalui pihak kecamatan, desa, dan OPD,” imbuhnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Karanganyar Dwi Rusharyanti menambahkan, ada empat loket yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi. Loket pertama merupakan bagian pendaftaran, loket kedua screening, loket ketiga pelaksanaan vaksinasi, dan loket keempat observasi.

”Peserta vaksinasi akan dapat SMS blast. Nanti tinggal menunjukkan e-tiket itu untuk diverifikasi petugas. Screening nanti untuk mengetahui, apakah peserta boleh diberikan vaksin atau tidak. Di aplikasi sudah ada pertanyaan yang disampaikan petugas. Screening menjadi peranan penting untuk vaksinasi. Kemudian setelah divaksin, menunggu dulu 30 menit untuk diobservasi,” ungkapnya.

Setiap fasyankes telah memiliki ruang kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), yang digunakan untuk menindaklanjuti apabila ada keluhan dari peserta pasca dilakukan penyuntikan vaksinasi. (rud/adi/ria)

Vaksinasi Covid-19 di Karanganyar

- Kuota : Tahap pertama 570.156 dosis

- Sasaran : nakes, petugas pelayanan publik, masyarakat rentan, masyarakat dengan komorbid

- Lokasi vaksinasi : 21 puskesmas dan 2 rumah sakit pemerintah

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news