alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarsolo
Home > Radar Solo Events
icon featured
Radar Solo Events

Menunggu Satu Suara, Terkait Dukungan Pasoepati ke Bhayangkara Solo FC

05 Januari 2021, 16: 11: 29 WIB | editor : Perdana

FANATISME: Aksi pyroshow yang dibuat Pasoepati saat mendukung Persis Solo di Stadion Manahan, 2012 silam.

FANATISME: Aksi pyroshow yang dibuat Pasoepati saat mendukung Persis Solo di Stadion Manahan, 2012 silam. (RADAR SOLO PHOTO)

Share this      

SOLO – Hadirnya Bhayangkara FC yang hijrah dari Jakarta dan resmi bermarkas di Stadion Manahan musim ini, tentu sudah diketahui publik Kota Bengawan. Klub bertabur bintang ditambah bermain di kata tertinggi di Liga Indonesia, tentu peluang masyarakat Solo untuk mendukung tim ini terbuka lebar.

Isu dukungan ini ternyata juga bakalan disudutkan ke Pasoepati, yang memang loyal mendukung Persis Solo di Liga 2.

Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden Kongres VIII Pasoepati menanggapi kebijakan Pasoepati mendukung Bhayangkara Solo FC. Hal itu dilontarkan dalam acara pemaparan visi misi capres-cawapres Pasoepati di Balai Persis, Minggu malam  (3/1). 

Ketiga paslon kompak menolak pengadaan suporter pendukung Bhayangkara Solo FC (BSFC),  menanggapi pertanyaan dari Mayor Haristanto selaku panelis di acara tersebut.

Sebagaimana yang diketahui di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Pasoepati, komunitas yang berdiri sejak 2000 tersebut mendukung klub yang membawa nama Solo. Sejarah Solo mencetak, sebelumnya mendukung Persis Solo secara toptalitas sejak 2005, Pasoepati mendukung dua klub asal Jakarta yang home base di Solo, yakni Pelita Jaya (2000-2002), dan Persijatim Jakarta Timur (2003-2004). Kebetulan kedua tim berganti ada embel-embel Solo dibelakang nama mereka setelah pindah dari ibu kota ke Kota Bengawan. 

Cawapres Agus Ismiyadi mengatakan, pihaknya mengacu pada AD/ART Pasoepati yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan organisasi Pasoepati didirikan.

"Disitu, dijelaskan untuk mendukung persatuan sepak bola yang berada di Solo. Jika mendukung sebenarnya tidak melanggar seperti yang terjadi sebelumnya. Akan tetapi perlu dikomunikasikan kepada korwil-korwil, agar tidak salah kaprah memaknainya," ucap Agus Ismiyadi kepada Jawa Pos Radar Solo, Senin (4/1).

Meski begitu, Agus membebaskan Pasoepati jika ingin mendukung Bhayangkara Solo FC (BSFC). Agus menilai, kedatangan klub juara Liga 1 2017 ini memang berimpek bisa memicu Persis Solo untuk bisa benar-benar merealisasikan janjinya ke suporter untuk bisa naik kasta ke Liga 1. ”Saya yakin BSFC punya fanatik fans sendiri,” ujarnya.

Andai dia dan pasangannya yakni capres Maryadi Gondrong terpilih, dirinya berharap memang harus ada komunikasi untuk duduk bersama membahas hal tersebut.

”Pertama, kami komunikasikan dengan korwil dan kemudian bertemu dengan manajemen BSFC. Jangan sampai mereka ber-home base di sini, tapi tidak menganggap kami. Kebijakan lain juga bisa mendukung jika kita tidak memakai atribut Pasoepati. Maka kami harus duduk bersama antara Pasoepati dengan manajemen BSFC," jelasnya yang mengakui masyarakat Solo punya hak pribadi untuk mendukung BSFC, dan itu lumrah. 

Sementara itu, cawapres lainnya Beto sepakat bahwa AD/ART Pasoepati memang memperbolehkan mendukung tim luar, yang berlabel Solo. Namun pihaknya secara pribadi tidak menyarankan Pasoepati untuk mendukung BSFC, andai dia dan pasangannya, yakni capres Agos Warsoep terpilih nantinya.

"Kami berharap agar Pasoepati tidak mendukung tim sepak bola selain Persis Solo. Kami tidak menolak, hanya menyarankan tidak memberi dukungan,” papar Beto.

Hal senada juga dinyatakan cawapres lainnya, yakni Sapta Oox yang mewakili Prapto Koting selaku capres. Dirinya juga andai terpilih kemungkinan besar, pasangannya dan para pengusungnya tidak berkenan memakai atribut Pasoepati untuk mendukung BSFC.

"Kami tetap mendukung Persis Solo, tapi kalau ada warga Solo yang mendukung kami tidak melarang. Yang jelas, waktu kongres kemarin tiga paslon menyatakan untuk tidak setuju jika ada pembentukan suporter baru untuk mendukung BSFC,” pungkas Sapta Oox. (ryn/nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news