alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Karanganyar Desak Terbitnya Regulasi PSBB Jateng: Semua Harus Kompak

07 Januari 2021, 23: 08: 08 WIB | editor : Perdana

Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Bupati Karanganyar Juliyatmono. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Bupati Karanganyar Juliyatmono mendesak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk segera membuat keputusan agar wilayah di Jateng benar-benar siap untuk melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dia juga meminta agar seluruh daerah di Jateng kompak menerapkan PSBB, jika ingin benar-benar memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Prinsip kami adalah mengusulkan ke gubernur, agar di Jateng itu kompak. Tidak bisa dilakukan per kabupaten saja.  Kalau serentak untuk PSBB, ya semua harus PSBB, serentak untuk disiplin. Semua berhenti total, itu akan lebih efektif,” kata Juliyatmono saat ditemui di Lapangan Blumbang, Tawangmangu, Kamis (7/1) sore.

Bupati berharap secepatnya Ganjar bisa menindaklanjuti instruksi PSBB melalui peraturan gubernur (pergub). Dengan adanya regulasi dan instruksi yang jelas dari gubernur, maka nantinya mobilitas antarkabupaten bisa terjaga dan semua disiplin melakukan PSBB.

“Ya harus segera ditindaklanjuti melalui instruksi. Ada aturan yang jelas. Contoh, warga Karanganyar, tidak boleh ke Solo, atau wilayah di luar Kabupaten Karanganyar, atau sebaliknya,” ungkapnya.

Menurut orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Karanganyar tersebut, beberapa wilayah memang harus diberlakukan PSBB demi menekan angka penyebaran Covid-19. Namun yang perlu diperhatikan, kebanyakan warga di Karanganyar merupakan petani.

“Kalau beberapa wilayah tertentu memang harus diberlakukan PSBB. Tapi untuk kearifan lokal, apa ya tidak diperhatikan. Karena mayoritas penduduk Karanganyar adalah petani. Tidak bisa mereka selama waktu yang nantinya ditentukan berada di rumah terus menerus,” jelas Juliyatmono. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news