alexametrics
Selasa, 19 Jan 2021
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Rombongan Ba'asyir Diperkirakan Tiba di Ponpes Ngruki Pukul 13.00

08 Januari 2021, 12: 07: 50 WIB | editor : Perdana

Rombongan Abu Bakar Ba'asyir ditemani TPM dan putranya Abdul Rohim dalam perjalanan dari Lapas Gunung Sindur Bogor ke Ponpes Al Mukmin Ngruki.

Rombongan Abu Bakar Ba'asyir ditemani TPM dan putranya Abdul Rohim dalam perjalanan dari Lapas Gunung Sindur Bogor ke Ponpes Al Mukmin Ngruki. (ISTIMEWA)

Share this      

SUKOHARJO - Rombongan penjemputan Abu Bakar Ba'asyir diperkirakan sampai di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Cemani, Grogol, siang ini pukul 14.00. Hal tersebut dikatakan oleh jubir ponpes, Endro Sudarsono kepada awak media, Jumat (8/1).

Diinformasikan, Ba'asyir yang ditemani oleh putranya Abdul Rohim dan kuasa hukum Achmad Mihdan telah berangkat dari Lapas Gunung Sindur Bogor pukul 05.24. Perjalanan ditempuh melalui jalur darat dengan jumlah delapan mobil beserta ambulans.

Endro mengatakan, rombongan Ba'asyir diperkirakan menempuh perjalanan selama delapan jam dan akan sampai di ponpes sekitar pukul 13.00 atau 14.00. Pihak ponpes pun telah menyiagakan keamanan, terdiri dari Dewan Syariah Kota Surakarta, alumni, dan internal pesantren yang berjaga di selatan gang pondok, pintu barat, dan pintu utama (utara).

"Dengan menutup akses masuk, harapannya tidak ada tamu yang berpotensi menimbulkan kerumunan di pesantren. Pengamanan sudah disiapkan sejak malam hari. Nanti juga ditambah lagi setelah waktu salat Jumat," ungkap Endro.

Ditegaskan Endro, pihak ponpes tidak akan mengadakan acara penyambutan. "Kami akan tetap bersinergi dengan pemerintah menerapkan protokol kesehatan demi menjaga kesehatan ustad. Karena ini merupakan kado yang indah bagi beliau, telah bebas dari penjara," paparnya.

Sementara itu, saat ini rombongan Ba'asyir masih berada di perjalanan tol. Abdul Rohim membenarkan pihaknya akan sampai di ponpes sekitar pukul 13.00-14.00, jika perjalanan lancar. Selain keluarga, Ba'asyir juga didampingi tim Densus 88, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), tim medis, dan tim pengacara muslim (TPM).

Pihak keluarga Ba'asyir pun mengirimkan foto suasana di dalam kendaraan. Tampak Ba'asyir duduk di kursi bagian tengah. Abdul Rohim berpesan kepada masyarakat agar tidak perlu berkumpul menyambut kedatangan Ba'asyir, mengingat kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir.

"Kami nggak mau masyarakat harus kumpul menyambut. Ditakutkan Ponpes Al Mukmin jadi klaster baru penyebaran Covid-19. Apalagi dari pihak keluarga dan ponpes tidak mengadakan acara seremonial. Doakan saja kesehatan beliau, sudah cukup bagi kami," pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo di Ponpes Al Mukmin, aparat kepolisian dari Polres Sukoharjo mensosialisasikan masyarakat untuk menerapkan prokes dan tidak berkerumun di sekitar ponpes. Selain dari kepolisian, pengamanan juga didukung tim dari Densus, TNI, dan satpol PP. (ryn/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news