alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarsolo
Home > Jateng
icon featured
Jateng

Vaksinasi Covid Pertama di Jateng Sasar 3 Daerah Dulu, Ini Alasannya

12 Januari 2021, 14: 50: 50 WIB | editor : Perdana

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berdiskusi dengan Kepala Dinkes Jateng  Yulianto Prabowo usai rapat koordinasi sosialisasi vaksin dengan menkes secara virtual di rumah dinas Puri Gedeh, kemarin.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berdiskusi dengan Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo usai rapat koordinasi sosialisasi vaksin dengan menkes secara virtual di rumah dinas Puri Gedeh, kemarin.

Share this      

SEMARANG – Pemprov Jawa Tengah (Jateng) telah menunjuk tiga daerah yang akan pertama kali melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari mendatang. Yakni Kota Solo, Kota Semarang, dan Kabupaten Semarang. Pertimbangan ditunjuknya tiga daerah itu lantaran jumlah vaksin yang terbatas.

"Vaksin diprioritaskan di tiga daerah karena jumlahnya terbatas. Maka kitamulai dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta dulu. Nanti kan tambahannya akan jalan terus," tutur Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (12/1).

Menurut Ganjar, setelah kedatangan vaksin selanjutnya, akan langsung disebar ke daerah-daerah lain. “Nanti untuk distribusi selanjutnya, kita tinggal menjadwalkan saja," lanjut Ganjar.

Sebagai informasi, untuk tahap pertama ini Jateng mendapat dosis 62.560 vaksin jenis Sinovac. Adapun vaksin yang akan disuntikkan di tiga daerah, yakni Solo, Kota Semarang, dan Kabupaten Semarang jumlahnya kurang dari 62 ribu dosis. Artinya, masih ada sisa sesuai hitungan sekitar 8 ribu-an dosis.

“Hitungan kami, masih ada sekitar 8 ribu-an. Nah itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan. Misal, setelah itu bisa Banyumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan," jelas Ganjar.

Sementara itu, saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah masih menyiapkan detail dan teknis pengiriman vaksin ke tiga daerah pertama.

"Belum dikirim. Keputusan (BPOM) kan baru kemarin. Hari ini manajemen masih dipersiapkan. Dari tiga daerah itu delivery yang agak jauh nanti cuma Solo. Masih disiapkan dinkes, apakah dikirim per hari ini atau nanti H-1," pungkas Ganjar. (bay/ria)

(rs/bay/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news