alexametrics
Minggu, 24 Jan 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Puskesmas Kerjo Lockdown, Separo Pegawai Positif Covid

14 Januari 2021, 07: 40: 42 WIB | editor : Perdana

Puskesmas Kerjo Lockdown, Separo Pegawai Positif Covid.

Puskesmas Kerjo Lockdown, Separo Pegawai Positif Covid. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR - Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karanganyar belum terkendali. Selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), ada temuan 200 kasus baru. Salah satunya di Puskesmas Kerjo.

Separo lebih pegawai puskesmas tersebut dinyatakan positif Covid-19. Tim satgas langsung menerapkan lockdown untuk mencegah penularan lebih luas. Ada sekitar 32 pegawai yang positif Covid-19. Terjadi sejak sepekan terakhir.

"Saya meminta pelayanan di Puskesmas Kerjo ditutup selama tiga hari ke depan. Pelayanan sementara dialihkan ke puskesmas terdekat," tegas Bupati Karanganyar Juliyatmono, kemarin.

Bupati yang juga ketua Tim Satgas Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Karanganyar tersebut menjelaskan, data penyebaran Covid-19 di Bumi Intanpari meningkat hingga 200 orang. Hasil tracking yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar menunjukkan, klaster terbanyak dari keluarga dan hajatan.

"Sudahlah ojo sembrono pokoke. Sembrono itu harus dibayar dengan penyebaran. Karena banyak sekali laporan kasus baru dari klaster rumah tangga dan kluster hajatan," imbuh bupati.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Karanganyar Purwati mengatakan, klaster Puskesmas Kerjo berawal dari salah seorang pasien yang dirawat. Setelah dilakukan swab, ternyata dinyatakan positif.

"Awal pekan ini ada pasien yang rawat inap selama tiga hari. Kemudian dilakukan swab dan hasilnya positif. Lalu tracing terhadap nakes dilanjutkan swab. Hasilnya kemarin ada yang positif," jelas Purwati.

Di sisi lain, tim satgas terus melakukan operasi yustisi di berbagai daerah. Kemarin, tim satgas yang yang dimotori Satpol PP Karanganyar membubarkan acara hajatan di Desa Gondangmanis, Kecamatan Karangpandan. Tim satgas menemukan prosesi hajatan yang tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai instruksi bupati tentang pencegahan penyebaran Covid-19. Yakni sajian untuk tamu dengan sistem banyu mili.

"Kami tegaskan lagi bahwa protokol kesehatan sangat penting untuk mencegah penyebaran corona. Apalagi di acara hajatan seperti ini semua yang hadir wajib mematuhi aturan seperti memakai masker, menyediakan hand sanitizer, dan jaga jarak. Kalau tidak patuh, ya akan kami bubarkan," tegas Kepala Satpol PP Karanganyar Yopi Eko jati Wibowo. (rud/adi/ria)



(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news