alexametrics
Kamis, 28 Jan 2021
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

70.824 KPM Terima BST lewat Kantor Pos: PPKM,Penyaluran di Kantor Desa

14 Januari 2021, 23: 59: 03 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi penyaluran BST yang dilaksanakan di Kantor Pos Klaten pada Mei 2020

Ilustrasi penyaluran BST yang dilaksanakan di Kantor Pos Klaten pada Mei 2020 (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Kantor Pos Klaten mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada 70.824 keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap keluarga menerima Rp 300 ribu per bulan selama empat bulan ke depan. Tetapi dalam penyalurannya langsung dilaksanakan kantor desa karena saat ini masig dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Untuk BST sudah kami salurkan pada 12 Januari kemarin. Tetapi karena tengah diterapkan PPKM sehingga waktunya kami perpanjang. Dari awalnya bisa selesai pada 17 Januari menjadi 20 Januari karena jadwalnya memang kami tambah,” jelas Kepala Kantor Pos Klaten Dadan Ramdan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (14/1).

Perpanjangan waktu itu sesuai dengan permintaan dari Pemkab Klaten. Khususnya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos dan P3AKB) Klaten. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan saat penyaluran.

Dadan mengungkapkan, mekanisme penyaluran kali ini lebih mendekatkan kepada penerima dengan dilaksanakan di kantor desa. Terutama untuk jumlah KPM lebih dari 100 KK, diterjunkan dua tim juru bayar. Di mana setiap tim terdiri dari dua hingga tiga orang untuk melayani masyarakat.

“Jika KPM-nya kurang dari 100 KK, maka bisa dilayani di kantor cabang dengan syarat memiliki halaman yang luas. Contohnya kantor yang ada di Kecamatan Bayat juga representatif sehingga bisa diambil di sana. Tetapi kami tetap fokuskan ke desa-desa untuk pelayanannya,” jelasnya.

Dadan menambahkan, penyaluran BST untuk KPM yang ada di tiga kecamatan wilayah perkotaan dilakukan di Kantor Pos Klaten langsung. Meliputi Kecamatan Klaten Utara, Klaten Tengah, dan Klaten Selatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Kamis (14/1) ini merupakan penyaluran BST hari terakhir untuk wilayah perkotaan.

Sementara itu, Kepala Dinsos dan P3AKB Klaten M. Nasir melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial Hari Suroso membenarkan jika penyaluran BST kali ini difokuskan ke desa-desa. Hal ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Bupati Klaten terkait pelaksanaan PPKM yang diterapkan pada 11-25 Januari.

“Kantor Pos telah menjadwalkan untuk setiap desa lantas dibagi per jam. Kecuali untuk penyaluran kecamatan di wilayah perkotaan dilakukan di Kantor Pos, tetapi dalam penyalurannya dibagi dalam empat titik. Penyaluran dilakukan selama empat bulan,” jelasnya.

Hari menambahkan, pada Desember 2020 untuk penerima BST di Klaten terdapat 73.174 KPM. Tetapi yang mengambil hak dari bantuan tersebut hanya 69.139 KPM saja. Terdapat 4.035 yang tidak mengambil dengan berbagai alasan usai dilakukan validasi. Mulai dari penerimanya sudah meninggal dunia hingga sudah menerima program bantuan lainnya. (ren/ria)

 

 

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news