alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

Boyolali Siapkan Lab PCR Mandiri, Bisa Tahu Hasil Tes Lebih Cepat

15 Januari 2021, 17: 03: 15 WIB | editor : Perdana

Warga parkir motor di depan Labkesda kompleks perkantoran terpadu Pemkab Boyolali, Kamis (14/1).

Warga parkir motor di depan Labkesda kompleks perkantoran terpadu Pemkab Boyolali, Kamis (14/1). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Boyolali menyiapkan laboratorium polymerse chain reaction (PCR) mandiri. Lab PCR ini rencananya bakal menempati Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di kompleks perkantoran terpadu Pemkab Boyolali. Upaya ini sebagai solusi panjangnya antrean hasil sampel swab yang dikirim ke sejumlah rumah sakit di Kota Solo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali Ratri S. Survivalina menjelaskan, lab PCR mandiri bersebelahan dengan Labkesda. Dan dijadwalkan sudah bisa beroperasi maksimal Februari. 

“Kami usahakan secepatnya. Lokasinya di Labkesda untuk swab sekaligus pemeriksaan sampel PCR,” terang wanita yang akrab disapa Lina tersebut.

Diakui Lina, Labkesda selama ini sudah digunakan untuk mengambil sampel swab. Hasil skrining kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Sayangnya, pemeriksaan sampel swab masih mengandalkan laboratorium di luar daerah. “Nanti dipusatkan di lantai 2 Labkesda. Sebagai penunjang diagnosa kasus-kasus Covid-19,” papar Lina.

Dia membenarkan, antrean pengambilan hasil swab di laboratorium rujukan luar dareah cukup tinggi. Tak pelak, hasil baru keluar 3-7 hari. Ini berpotensi memperlambat penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Harapannya, keberadaan lab PCR mandiri ini bisa mengurangi antrean di lab rujukan. Sekaligus memberikan hasil sampel uji swab yang lebih cepat bagi masyarakat,” tandasnya. (wid/fer/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news