alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

RSUP Klaten Buka Rekruitmen Relawan, Ditugaskan di Ruang Isolasi Covid

16 Januari 2021, 14: 16: 13 WIB | editor : Perdana

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Klaten dan sekitarnya.

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Klaten dan sekitarnya. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagai rujukan penanganan Covid-19 telah membuka rekruitmen relawan. Para relawan tersebut akan ditugaskan untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang ditempatkan di ruang isolasi Covid-19.

“Pembukaan rekruitmen relawan ini kami lakukan karena untuk mengantisipasi ledakan pasien Covid-19 pascalibur panjang. Apalagi kami menambah tempat tidur sehingga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) tambahan,” jelas Direktur Medik Keperawatan dan Penunjang RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Juli Purnomo

Menurut Juli, sesuai instruksi Menteri Kesehatan (Menkes), rumah sakit diminta menyediakan 40 persen dari tempat tidur yang ada untuk perawatan pasien Covid-19. Seperti diketahui, rumah sakit milik pemerintah pusat tersebut saat ini memiliki 410 tempat tidur. Maka itu, berdasarkan perhitungan, diperlukan tambahan 164 tempat tidur.

Sementara itu, saat ini RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten memiliki 100 tempat tidur di ruang isolasi. Sedangkan di ruang ICU terdapat 15 tempat tidur yang rencananya akan ditambah lagi menjadi 38 tempat tidur. Penambahan tempat tidur tersebut dibarengi dengan pembukaan rekruitmen relawan.

“Untuk total SDM yang ada di rumah sakit saat ini terdapat 988 orang. Dari jumlah itu, 35 persen telah menangani kasus Covid-19,” jelasnya.

Untuk mengikuti rekruitmen, relawan harus memenuhi persyaratan umum seperti pendidikan minimal D3 Keperawatan, berusia maksimal 40 tahun saat Januari 2021, dan diutamakan memiliki pengalaman kerja di fasilitas kesehatan.

Pelamar juga harus melengkapi sejumlah berkas administrasi untuk pendaftaran yang seluruhnya diunggah melalui link pendaftaran website rumah sakit dari 15-17 Januari 2021.

“Untuk saat ini pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di RSUP terdapat 44 orang. Sedangkan mereka yang suspek terdapat 26 orang. Sementara itu, yang berada di ruang ICU terdapat 10 orang,” jelasnya.

Bagian Humas RSUP dr Soeradji Tironegoro Klaten  Sri Wardani menambahkan, relawan yang dibutuhkan untuk penempatan di pelayanan ruang isolasi terdapat 20 orang. Para peserta harus lulus semua tahapan seleksi yang diselenggarakan oleh pihak rumah sakit.

“Relawan yang diterima di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten akan diberikan honor sesuai dengan ketentuan dari pemerintah,” ucanya. (ren/ria)

 

 


(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news