alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Features
icon featured
Features
Ngobrol Bareng Ki Manteb

Penonton Muda Bertanya, Apakah Arjuna Playboy? 

17 Januari 2021, 09: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Penonton Muda Bertanya, Apakah Arjuna Playboy? 

SEJAK pementasan wayangnya disiarkan streaming di YouTube, Ki Manteb Soedharsono gembira mengetahui masih banyak generasi muda yang menggemari kesenian wayang. Beragam pertanyaan memenuhi kolom komentar di channel YouTube-nya. Isinya pun pun lucu-lucu.

“Ada yang bertanya, Ki Manteb kenapa kok Arjuna itu istrinya banyak? Apakah Arjuna itu playboy?” kata Ki Manteb kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sambil tertawa, Ki Manteb menjelaskan sosok istri yang digambarkan dalam lakon Arjuna bukanlah istri sebenarnya. Melainkan ilmu yang dimiliki Arjuna. Mengapa disebut istri? Karena ilmu yang didapatkan dari hasil berguru ke pandito tersebut menyatu dengan dirinya. Seperti sosok seorang istri.

“Karena ini sebuah tontonan yang disaksikan banyak orang, agar menarik, maka ilmu tersebut digambarkan sebagai istri. Maka yang tampak Arjuna memiliki banyak istri,” jelasnya.

Meskipun selama pandemi tidak bisa tampi secara live dan digantikan via YouTube, Ki Manteb tetap profesional. Gaya khas sabetannya tidak ada yang dikurangi atau dilakukan dengan asal-asalan.

Itu membuat penontonnya betah berlama-lama menyaksikan penampilan Dalang Setan lewat gawai. “Walaupun situasi seperti ini, masih banyak orang yang menyempatkan diri nonton di YouTube. Padahal nonton lewat handphone itu sakit lho matanya kalau lama-lama. Tapi masih banyak yang nonton. Yang nonton nonstop bahkan ada 200 orang,” ungkapnya.

Ketika pentas secara streaming, viewer channel YouTube Ki Manteb bisa mencapai 57 ribu. “Saya terima kasih sekali kepada para penonton. Siapapun dalangnya mari disengkuyung. Tanpa penonton, semua wayang itu mati. Karena mau dalangnya sebagus apa, kalau tidak ada yang nonton percuma,” tuturnya.

Diakui Ki Manteb, selama pandemi, pentas kesenian mati suri. Dia lalu melontarkan guyonan plesetan singkatan PSBB, yakni pekerja seni bosok bareng.

“Tapi ini humor saja, supaya tidak stres teman-teman pekerja seni lainnya. Saya guyoni saja. Tapi saya selalu memberikan motivasi ke mereka agar tetap bekerja. Caranya, cari terobosan. Juga menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, tangan harus bersih, dan menjaga jarak,” pesannya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news