alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Fenomena Puting Beliung di Tengah Waduk Gajah Mungkur Hebohkan Warga

20 Januari 2021, 17: 37: 31 WIB | editor : Perdana

Tangkapan layar video amatir warga yang memperlihatkan fenomena puting beliung di tengah Waduk Gajah Mungkur.

Tangkapan layar video amatir warga yang memperlihatkan fenomena puting beliung di tengah Waduk Gajah Mungkur. (ISTIMEWA)

Share this      

WONOGIRI - Warga Wonogiri, terutama di sekitar Waduk Gajah Mungkur, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri Kota heboh dengan fenomena angin puting beliung yang muncul dari tengah waduk. Warga pun mengabadikan fenomena langka itu dalam video yang kemudian tersebar.

Warga di sekitar Waduk Gajah Mungkur, tepatnya di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kota digegerkan dengan fenomena alam. Sebuah pusaran angin tiba-tiba muncul di perairan Waduk Gajah Mungkur.

Berdasarkan beberapa video amatir yang diambil warga setempat, pusaran angin mulai terbentuk dan kemudian membesar dari tengah-tengah waduk. Beberapa warga pun melihat dan merekam fenomena tersebut di sekitar jalan raya.

Dalam video, ada warga mempertanyakan apa sebenarnya fenomena tersebut. Selain itu, warga juga bertanya-tanya apakah kejadian itu menimbulkan kerusakan. Ada juga sebuah video lain yang memperlihatkan nelayan di sekitar karamba langsung menjauh dari pusaran angin itu.

Kepala Desa Sendang Sukamto turut membenarkan video yang beredar luas itu. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (20/1) sekitar pukul 15.30. "Iya itu benar. Lokasinya di timur karamba," kata dia.

"Sebelum hujan turun kejadiannya. Pusaran itu terlihat sekitar 15-an menit," imbuh Sukamto.

Menurut dia, pusaran angin itu hanya terjadi di perairan. Sementara kawasan permukiman warga tidak terdampak kejadian tersebut.

Camat Wonogiri Kota Joko Purwidiyatmo turut membenarkan kejadian tersebut. Setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung melakukan pengecekan di lapangan.

"Tidak sampai ke pemukiman warga. Warga aman," kata dia.

Atas kejadian ini, dia mewanti-wanti masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Wonogiri Kota untuk berhati-hati. Apalagi, saat kejadian hujan deras sedang melanda wilayah Wonogiri Kota.

"Ini cuacanya agak ekstrem ya. Jadi kita harapkan semua masyarakat Kecamatan Wonogiri siaga dengan bencana yang bisa terjadi," pungkasnya. (al/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news