alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Klaster Ponpes Putri Colomadu: 5 Santri Sembuh, 20 Masih Isolasi

20 Januari 2021, 21: 06: 21 WIB | editor : Perdana

Tes PCR yang dilakukan kepada santri ponpes putri di Colomadu, beberapa waktu lalu. Saat ini, 20 santri masih menunggu hasil tes.

Tes PCR yang dilakukan kepada santri ponpes putri di Colomadu, beberapa waktu lalu. Saat ini, 20 santri masih menunggu hasil tes. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR - Lima santri pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Colomadu yang sebelumnya positif Covid-19, saat ini telah sembuh. Sementara 20 santri lainnya masih menjalani isolasi mandiri di kompleks ponpes.

Sebelumnya, dari klaster ponpes putri di Colomadu itu terdapat delapan santri putri yang terkonfirmasi positif Covid-19. Delapan kasus tersebut diketahui secara bertahap berdasarkan hasil tes swab PCR. 

Dimulai dari lima orang terkonfirmasi positif Covid-19 pada tahap pertama. Kemudian disusul tiga orang pada tahap kedua. Mereka menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan karena tidak mengalami gejala.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar Purwati menyampaikan, lima santri itu sudah diperbolehkan pulang karena hasil test swab PCR kali terakhir dinyatakan negatif Covid-19. Lima santri itu sudah dijemput keluarga pada Selasa (19/1).

“Setelah kami lakukan pengecekan dan dari hasil evaluasi tes swab PCR Covid-19 negatif, mereka (santri, Red) sudah dijemput keluarga. Masih ada tiga orang yang isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan,” kata Purwati.

Petugas kesehatan di Asrama Haji Donohudan terus melaksanakan evaluasi terhadap tiga santri tersebut. Mereka akan diizinkan pulang apabila hasil tes swab PCR sudah menunjukkan negatif Covid-19.

Sementara itu, 20 orang santri lainnya telah menjalani tes swab PCR pada Senin (18/1). Petugas Puskesmas Colomadu 1 melaksanakan pengambilan sampel lendir dari hidung dan tenggorokan terhadap 20 santri tersebut.

Salah seorang pengurus ponpes M. Qoyim menuturkan, 20 santri masih menjalani isolasi mandiri di salah satu gedung di kompleks ponpes. Gedung itu sebelumnya memang disiapkan untuk ruang isolasi bagi santri.

“Yang 20 orang santri ini belum dapat kabar hasilnya apa. Kalau tes swab PCR kan sudah dilakukan di ponpes. Mereka menjalani isolasi mandiri di salah satu gedung di belakang asrama putri,” teranganya. (rud/adi/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news