alexametrics
Rabu, 03 Mar 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Penetapan Bupati-Wabup Wonogiri Tanpa Kehadiran Jekek

22 Januari 2021, 23: 50: 41 WIB | editor : Perdana

Dari kiri ke kanan, Setyo Sukarno, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, dan mantan calon bupati Hartanto.

Dari kiri ke kanan, Setyo Sukarno, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, dan mantan calon bupati Hartanto. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI - Pasangan Joko Sutopo dan Setyo Sukarno ditetapkan menjadi bupati dan wakil bupati Wonogiri terpilih, Jumat (22/1). Sayang, dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Wonogiri di salah satu rumah makan di Brumbung, Kecamatan Selogiri itu, sang bupati terpilih sekaligus incumbent, Joko Sutopo terlihat tidak hadir.

Pada agenda tersebut, Joko Sutopo tidak hadir. Sementara lawannya dalam kontestasi Pilkada 9 Desember 2020 lalu Hartanto dan Joko Purnomo datang.

Wakil bupati terpilih Setyo Sukarno mengatakan, pasangannya itu sedang berada di luar kota. Dijelaskan dia, awalnya rencana penetapan dilakukan Sabtu (23/1). Oleh karena itu, Joko Sutopo pun sudah menjadwalkan ke luar kota pada Jumat (22/1). Saat acara penetapan dilangsungkan, Jekek --panggilan akrab Joko Sutopo-- juga masih berada di luar kota sehingga tidak dapat menghadiri acara tersebut.

Apakah kondisi Jekek sehat-sehat saja? Setyo mengatakan, bupati dalam keadaan sehat. "Beliau sehat. Karena jadwalnya diajukan, beliau saat ini masih di luar kota," ungkapnya usai acara.

Terkait waktu pelantikan sebagai bupati dan wakil bupati, Setyo mengaku belum mengetahui jadwalnya. Pihaknya pun akan menunggu pemberitahuan lebih lanjut terkait waktu pelantikan.

Lima tahun yang lalu, Jekek dan wakil bupati saat ini, Edy Santosa dilantik pada 17 Februari 2016. Kemungkinan, Setyo dan Jekek akan dilantik sekitar pertengahan Februari.

Sementara itu, pasangan mantan rival Jekek-Setyo, Hartanto-Joko Purnomo hadir dalam rapat pleno penetapan, tadi pagi. Saat memberi sambutan, Hartanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan Pilkada Wonogiri 2020. Dia juga mengucapkan selamat kepada Jekek dan Setyo Sukarno atas terpilihnya menjadi bupati-wakil bupati periode selanjutnya.

"Mudah-mudahan amanah yang sudah diberikan masyarakat Wonogiri bisa diemban dengan baik. Sehingga masyarakat bisa sejahtera, bahagia, aman tenteram. Saya sudah legawa, jangan khawatir," kata dia

Di sisi lain, terkait dengan tidak hadirnya Jekek pada acara tersebut, Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengatakan, dalam Peraturan KPU tidak ada ketentuan yang mengharuskan paslon terpilih menghadiri penetapatan.

"Kalau tidak hadir karena ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan, tidak apa-apa. Jadwal diajukan karena penetapan Jawa Tengah dilakukan serentak pada 21 dan 22 Januari. Kami juga sudah izin ke forkompimda. Tidak hadir tidak apa-apa," jelasnya. (al/ria)


(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news