alexametrics
Selasa, 02 Mar 2021
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

Legislatif Komitmen Tingkatkan Kinerja

25 Januari 2021, 06: 35: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Komisi II DPRD dan DPKPP Klaten tintau lahan percontohan padi rojolele srinuk di Desa/Kecamatan Delanggu.

Komisi II DPRD dan DPKPP Klaten tintau lahan percontohan padi rojolele srinuk di Desa/Kecamatan Delanggu. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Menatap 2021, DPRD Klaten siap tingkatkan kinerja. Meski saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Terutama pada tiga fungsi utama, yakni legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

“Jadi pada 2020 kemarin, banyak kegiatan DPRD yang tidak maksimal karena pandemi Covid-19. Tetapi kami tetap berusaha untuk memaksimalkannya,” terang Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, Minggu (23/1).

Terkait fungsi pengawasan, legislatif rajin turun ke lapangan. Melalui inspeksi mendadak (sidak) kinerja eksekutif dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Termasuk penganggaran, sesuai tahapan yang telah ditentukan.

Dari sisi program legislasi daerah (Prolegda), pasang target selesaikan enam rencana peraturan daerah (raperda). Namun baru terealiasi empat raperda di 2020. Sedangkan sisanya yang berkaitan dengan tata ruang dan sawah lestari masih diproses di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

“Tahun ini meski masih pandemi Covid-19, saya harap para anggota dewan tetap semangat dan berjuang demi masyarakat. Menjadikan Kabupaten Klaten lebih baik dan bersinar,” ujarnya.

Peningkatan kinerja dibarengi terobosan dan inovasi. Seperti rapat komisi maupun bersama organisasi perangkat daerah (OPD) yang digelar virtual. Komitmen memberikan pengabdian terbaik dan kontribusi maksimal. Sejalan dengan dinamika dan tuntutan aspirasi masyarakat. “Kalau pengawasan, mau tidak mau tetap turun ke lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” imbuhnya.

Anggota Komisi II DPRD Klaten Hartanti menambahkan, bakal aktif terjun ke lapangan. Mengawasi sekaligus meyerap aspirasi masyarakat.

“Kami aktif sosialisasi penerapan protokol kesehatan ke masyarakat. Setiap kali terjun, saya selalu bagikan masker. Harapannya masyaralat patuh menggunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, dan hindari kerumunan,” paparnya.

Sebagai legislator, Hartanti selalu memberi semangat kepada masyarakat yang sedang jalani isolasi mandiri di rumah. Termasuk gelontorkan bantuan sembako. Harapannya pandemi Covid-19 segera berakhir dan perekonomian semakin menggeliat. (ren/fer)

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news