alexametrics
Senin, 08 Mar 2021
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Hari Ini 10 Tokoh Disuntik Sinovac, Tandai Dimulai Vaksinasi Sukoharjo

25 Januari 2021, 08: 03: 10 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi (JawaPos.com)

Share this      

SUKOHARJO - Hari ini (25/1), setidaknya 10 tokoh akan divaksinasi sebagai pencanangan vaksinasi Covid-19 di Sukoharjo. Namun, tokoh-tokoh utama di lingkungan Pemkab Sukoharjo belum divaksinasi karena usia dan memiliki kormobit.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, 10 tokoh akan divaksinasi di RSUD Ir Soekarno Sukoharjo hari ini pukul 08.00. Tokoh-tokoh ini berasal dari birokrat, TNI/Polri, tokoh agama, dan perwakilan awak media.

"Dari pemerintahan saya yang divaksinasi. Lalu ada kajari Sukoharjo, komandan kodim, kapolres, ketua Pengadilan Negeri. Ada juga tokoh agama Islam yang diwakili ketua MUI, tokoh agama Kristen, dan perwakilan wartawan," kata Yunia.

Menurut Yunia, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi tidak divaksinasi. Selain usia yang suda lebih dari 60 tahun, juga ada penyakit penyerta. Kemudian, Asisten Sekda Widodo atau Pj Sekda Budi Santoso juga tidak divaksin karena pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sehingga dari pemerintahan saya yang akan mewakili divaksinasi sebagai bentuk pencanangan," ucap Yunia.

Pemberian vaksin ini, kata dia, akan meningkatkan imunitas. Harapannya akan terbentuk kekebalan secara berkelompok. Setelah pemberian vaksin pun, masyarakat harus tetap melaksanakan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Harus tetap melaksanakan 3 M. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat serta menghindari kerumunan. Bukan apa-apa tapi untuk meminimalkan risiko apabila terjadi penularan berikutnya," beber dia.

Lebih lanjut diungkapkan Yunia, setelah divaksinasi, seandainya jika terjadi infeksi, gejala yang timbul adalah gejala ringan atau tanpa gejala. Vaksinasi menurunkan efek samping gejala berat bagi orang yang terkena infeksi Covid-19.

"Setelah divaksinasi istirahat dulu 15 sampai 30 menit, dilakukan pemantauan oleh petugas, apakah ada efek samping atau tidak," pungkasnya. (kwl/ria)


(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news