alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Lepas Penat di Umbul Udal-Udalan

07 Februari 2021, 14: 35: 59 WIB | editor : Perdana

MASIH BARU: Umbul Udal-Udalan yang baru dibuka Agustus 2020 lalu mulai ramai pengunjung. Selama pandemi, pengunjung diimbau tetap jaga jarak.

MASIH BARU: Umbul Udal-Udalan yang baru dibuka Agustus 2020 lalu mulai ramai pengunjung. Selama pandemi, pengunjung diimbau tetap jaga jarak. (MUKTI MUHTADI/RADAR SOLO)

Share this      

Jika berwisata ke Tawangmangu, mampirlah ciblon (bermain air) ke umbul Udal-Udalan. Ada tiga kolam pilihan yang bisa dipakai untuk segala usia.

UMBUL Udal-Udalan terletak di Dusun Ngudal, Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu. Jika menempuh perjalanan dari Kota Surakarta, membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit atau berjarak sekitar 38 kilometer (km) dari Solo.

Jika menuju lokasi menggunakan transportasi umum, dapat menggunakan bus jurusan Solo-Tawangmangu. Bus akan berhenti di Terminal Tawangmangu dan selanjutnya dapat menggunakan jasa ojek untuk menuju lokasi. Umbul Udal-Udalan hanya berjarak 2 km dari Terminal Tawangmangu.

Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Solo bisa melalui Jalan Solo-Tawangmangu. Sampai di Kantor Desa Nglebak, belok kanan untuk menuju lokasi. Papan petunjuk terdapat di jalan yang tak jauh dari lokasi.

Umbul Udal-Udalan merupakan wisata air kolam renag dan baru dibuka pada Agustus 2020 lalu. Untuk menikmati kolam renang ini, hanya perlu membeli tiket Rp 5 ribu dan biaya parkir Rp 2 ribu. Di bagian tengah kolam renang, terdapat dua buah batu besar. Kedalaman kolam renang terbagi menjadi tiga kategori. Yakni dangkal, sedang, dan dalam.

Kategori dangkal memiliki kedalaman sekitar 60 centimeter (cm), terletak di bagian timur. Kategori sedang memiliki kedalaman sekitar 90 cm. Dan kategori dalam terletak di bagian barat sekitar 110 cm.

Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, menjadikan air di umbul Udal-Udalan ini terasa dingin. Ketika menceburkan diri ke kolam renang, bagian dasarnya akan terasa licin karena adanya lumut. Air umbul Udal-Udalan memang jernih sehingga dasar umbul dapat dilihat.

Di bagian utara kolam renang, terdapat tiga gazebo sederhana. Gazebo tersebut dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menaruh barang bawaannya. Umbul Udal-Udalan dikelola pemerintah Desa Nglebak.

Sebelah utara umbul Udal-Udalan merupakan sebuah lahan pertanian yang ditanami beberapa jenis sayuran. Di sebelah barat, terdapat sebuah masjid. Di sebelah selatan, terdapat sungai dan perbukitan. Suasana di sekitar umbul Udal-Udalan sangat sejuk karena berada di lereng Gunung Lawu. Cocok untuk melepas penat setelah berpetualang di sejumlah objek wisata di Tawangmangu. Tapi ingat, tetap jaga protokol kesehatan (prokes) selama pandemi Covid-19. (mg1/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news